08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peringatan HUT TNI menjadi Tema pada Pameran (BINAR) Oktober

Peringatan HUT TNI menjadi Tema pada Pameran (BINAR) Oktober Peringatan HUT TNI menjadi Tema pada Pameran (BINAR) Oktober

05

Oct 23

Peringatan HUT TNI menjadi Tema pada Pameran (BINAR) Oktober

Jakarta – 05/10/2023, Ruang Baca Unit Layanan Arsip Statis Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan program Pameran Bulan ini dalam Arsip (BINAR) setiap bulan. Pameran BINAR mengangkat satu tema atau topik tertentu yang berkaitan dengan peristiwa di bulan tersebut. Pameran BINAR ini bertujuan agar pengunjung yang datang ke ruang baca unit layanan arsip statis dapat melihat arsip yang sedang dipamerkan untuk menambah pengetahuan tentang peristiwa dari arsip yang sedang dipamerkan.

Pameran BINAR di bulan Oktober ini mengangkat tema tentang Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Arsip yang dipamerkan adalah tentang Peringatan HUT Ke-10 Angkatan Perang RI di Istana Negara pada tanggal 5 Oktober 1955. Arsip yang dipamerkan tersebut berasal dari khazanah arsip foto Kementerian Penerangan Wilayah DKI Jakarta 1955 nomor 29582.

Suasana dalam arsip foto yang dipamerkan adalah suasana saat pengibaran bendera Merah Putih pada acara peringatan HHUT ke-10 Angkatan Perang RI di Istana Merdeka. Tampak di atas panggung antara lain Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI/Presiden Sukarno (depan mikrofon), Wakil Presiden Moh. Hatta (paling depan, jas warna terang), Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Zulkifli Lubis (kanan), dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Laksamana Muda Udara Raden Soerjadi Soerjadarma (kiri, terlihat sebagian). Tampak Perdana Menteri Burhanuddin Harahap, Wali Kota Jakarta Raya Raden Sudiro, Ibu Fatmawati Sukarno, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Roeslan Abdulgani, Ny. Sihwati Nawangwulan Abdulgani, Bahder Djohan dan Sekretaris Presiden Sidharta Brataningrat (baris depan, nomor 2 dari kanan) beserta para anggota kabinet, Korps Diplomatik, dan atase militer.

( SAP )


Penulis : SAP
Editor : sa

Bagikan

Views: 564