08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN

PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN

04

Feb 20

PERINGATI 70 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK INDONESIA-RUSIA, KEDUA NEGARA GELAR PAMERAN ARSIP DAN LUKISAN

Jakarta - 03/02/20, Memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Rusia, kedua negara menggelar berbagai acara rangkaian kegiatan yang dibuka dengan Pameran Arsip Sejarah Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia dan Pameran Lukisan "Untaian Katulistiwa"di Galeri Nasional, Jakarta.

Pameran digelar pada 3-17 Februari 2020 dan dibuka oleh Duta Besar Federasi Rusia, Y.M. Lyudmila Vorobieva dan Plt. Direktur Jenderal Amerop, Plt Jubir Kementerian Luar Negeri RI Teuku Faizasyah dan Plt. Kepala ANRI, M.Taufik. Pembukaan dihadiri sekitar 200 undangan yang terdiri dari pejabat Indonesia, Kedubes Federasi Rusia, tokoh masyarakat, media massa, dan juga masyarakat umum.

Pameran ini memajang Arsip Sejarah Hubungan Diplomatik lndonesia dan Rusia, khazanah Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Departemen Sejarah, serta dokumenter Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia.

Arsip yang ditampilkan diantaranya menceritakan berbagai korespondensi Kementerian Luar Negeri Uni Soviet dengan Kementerian Luar Negeri RI tentang pengakuan Uni Soviet terhadap kedaulatan Republik Indonesia pada tanggal 3 Februari 1950, dan dokumen mengenai kerja sama pembangunan Indonesia dan Uni Soviet, seperti Stadion Gelora Bung Karno, patung Tugu Tani, Rumah Sakit Persahabatan, yang menjadi saksi bisu perjalanan panjang hubungan persahabatan kedua negara.

Berbagai film dokumenter koleksi ANRI juga ditampilkan, seperti penyerahan surat kepercayaan Duta Besar Uni Soviet, Nikolay Alexandrovich Mikhailov kepada Presiden Soekarno, kontingen Uni Soviet pada upacara penutupan GANEFO, hingga liputan berita pertandingan persahabatan Tim Sepakbola Uni Soviet dengan Tim Sepakbola PSM Makassar.

Selain pameran arsip digelar pula Pameran lukisan yang menampilkan sekitar 50 lukisan karya seniman terkemuka di Rusia yang dibuat dalam rentang waktu 20 tahun ini menggambarkan keindahan alam dan Indonesia dari kacamata seniman Rusia.

Mengusung tema "Untaian Katulistiwa", pameran ini menampilkan hasil karya seniman-seniman Rusia yang tergabung dalam Bureau of Creative Expeditions pimpinan Vladimir Nikolaevich Anisimov.

Lukisan-lukisan yang dipajang merupakan kaleidoskop perjalanan seniman Rusia dalam merekam kecantikan alam serta masyarakat pulau Jawa, Sumatera, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan, dan Sulawesi. (is)

( is )


Penulis : is

Bagikan

Views: 930