08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin

20

May 23

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2023,  Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerja sama dengan Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas (Pusako Unand) menggelar Diskusi Ilmiah bertajuk "arsip Muhammad Yamin bukti autentik kebijakan pembangunan konstitusional Republik Indonesia".

Diskusi ilmiah dilaksanakan di Gedung Rektorat, Universitas Andalas, Sumatera Barat dan dibuka oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto. Acara diskusi digelar secara luring dan daring melalui zoom dan youtube Arsip Nasional RI.

Pada kesempatan ini, Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan bahwa ANRI menyimpan arsip autentik terkait Muhammad Yamin. "Kalau Pusako mau menggali Muhammad Yamin, ANRI sumber paling utamanya", ungkapnya dalam sambutan.

Pada kesempatan ini, Imam Gunarto juga menyerahkan Copy Digital Arsip Statis mengenai peran Muhammad Yamin dalam pembentukan konstitusi dan pola pembangunan semesta berencana.

Meskipun arsip tersebut dalam bentuk digital, namun ANRI memiliki bukti autentik. ANRI juga berharap berbagai arsip yang diserahkan ke Universitas Andalas juga disebarkan ke dinas arsip yang ada di kabupaten dan kota.

"Kami berharap arsip yang diserahkan ini dijadikan Pusako Unand sebagai sebagai sumber kajian yang autentik," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unand Prof. Yuliandri menyebutkan berbagai arsip terkait dengan konstitusi maupun arsip Muhammad Yamin yang diterima dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) akan dijadikan sebagai referensi bagi banyak pihak, terutama di dunia pendidikan.

"Saya sudah minta ke teman-teman Pusako Unand agar tidak hanya mengkaji konstitusi dalam aktualnya saja, tetapi juga menjadi referensi bagi banyak orang," kata Prof. Yuliandri.

Sementara itu, Duta Arsip Indonesia sekaligus anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari mengungkapkan bahwa roadmap atau peta jalan pembangunan Indonesia disusun oleh Muhammad Yamin pada saat masa kepemimpinan Soekarno.

"Muhammad Yamin tidak hanya terlibat dalam perumusan konstitusi, tetapi Bung Yamin adalah Ketua Dewan Perancang Nasional," tutur Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari dalam diskusi ilmiah.

Pada Diskusi ilmiah, panitia acara menghadirkan pembicara Pramono, Kepala UPT Arsip
Universitas Andalas yang membahas mengenai Urgensi Arsip Universitas dalam Pembangunan dan Pengembangan Memori Kolektif
Bangsa.

Kemudian, Dr. Charles Simabura, Direktur Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas dengan memaparkan mengenai Arsip sebagai Sumber Penelitian Rekam Jejak Konstitusi Indonesia.

Selanjutnya, Duta Arsip, Rieke Dyah Pitaloka mengulas tentang M. Yamin, Konstitusi dan Pembangunan Semesta Berencana. Kemudian, Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat menjelaskan Peran Pemerintah Provinsi Sumbar dalam menjadikan arsip sebagai karakter dan jati diri bangsa.
Adapun diskusi dimoderator oleh Muhammad Ichsan Kabullah. (is)

( Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin )


Penulis : Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Universitas Andalas Bekerja Sama dengan ANRI Gelar Diskusi Ilmiah Arsip Muhammad Yamin

Bagikan

Views: 755