08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK

Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK

03

Oct 23

Persiapan Perpindahan IKN, Plt. Kepala ANRI Tinjau Penataan Arsip KPK

Jakarta - 03/10/23, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto meninjau secara langsung penataan arsip Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta, 3 Oktober 2023. Tinjauan tersebut dalam rangka persiapan perpindahan KPK ke Ibu Kota Negara baru.

Menurut Imam Gunarto, kebijakan penataan arsip kementerian/lembaga yang akan pindah, khususnya dalam hal ini KPK merupakan momentum yang sangat penting agar arsip-arsip yang ada ini dapat dikelola dan tertata dengan baik. 

"Ketika satu kementerian lembaga akan pindah itu, yang tidak biasa diperhatikan arsipnya. Nah, oleh karena itu, kami dari Arsip Nasional mengingatkan kepada seluruh kementerian/lembaga agar ketika pindah, arsipnya beres dulu," ujar Imam Gunarto.

Imam menambahkan setelah dilakukan penataan arsip, selanjutnya akan dilakukan digitalisasi arsip. "Kami nanti berharap, arsip-arsip ini ditata, kemudian didigitalkan dan KPK bisa mengaksesnya untuk pelaksanaan administrasi dari ibu kota negara. Arsipnya tetap di Jakarta, tetapi bisa digunakan dari mana-mana," terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK,  Nurul Ghufron menyambut baik dan mengucapkan terima kasih dengan adanya kebijakan penataan arsip ini dan siap berkolaborasi serta bersinergi untuk pembenahan dan penataan arsip.

"Pertama-tama, saya ucapkan terima kasih dan syukur Alhamdulillah teman-teman ANRI telah mendampingi KPK dalam proses manajemen arsip supaya kita ketika akan pindah ke IKN, arsip-arsip yang ada di kantor itu kemudian bisa terjaga, terjamin keberadaannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Nurul Ghufron menambahkan bahwa dengan arsip yang tertata dengan rapi setidaknya dapat menghindari dari berbagai masalah. Sebaliknya, arsip yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Dengan arsip yang ditata dengan bagus, itu menunjukkan derajat administrasi ketatanegaraan sebuah bangsa," ungkapnya.

Menurut Nurul Ghufron menyampaikan bahwa apabila data-data yang ada di kementerian/lembaga dapat diintegrasikan dengan baik, maka pencegahan korupsi dapat dilakukan. “Kalau bangsa kita datanya sudah tertib, bisa dipadupadankan, maka saya yakin, separuh pekerjaan pemberantasan korupsi, utamanya pencegahan itu selesai,” terangnya.

Dalam rangka perpindahan IKN, pada tahun ini, ANRI memiliki program  pengelolaan arsip bagi kementerian/lembaga yang akan dipindah ke ibu kota baru. Program pengelolaan arsip tersebut meliputi  penataan dan penyelamatan arsip yang bernilai guna bagi kegiatan administrasi pemerintah maupun yang bersifat statis sebelum dipindahkan ke Ibu Kota baru.

Melalui program penataan arsip kementerian/Lembaga dalam menghadapi persiapan pemindahan IKN ini, diharapkan dapat berjalan dengan baik untuk kepentingan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta dapat menjaga dan melestarikan peradaban dan sejarah perjalanan bangsa secara utuh, terpercaya dan komprehensif.

( is )


Penulis : is
Editor : sa

Bagikan

Views: 796