08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

01

Jun 23

Perwakilan ANRI Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Ende

Ende – 1/6/2023 Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dipimpin Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Pada upacara ini, bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Kodim 162 Letkol Kaf I Nengah Pendi Suryanto. Upacara ini pun diikuti anggota TNI-Polri hingga para pelajar yang mengenakan pakaian adat. Deputi Bidang Konservasi ANRI, Kandar, turut hadir sebagai perwakilan ANRI dalam upacara tersebut yang berada di belakang podium bersama para pimpinan Lembaga Pemerintah dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Pada upacara yang dimulai pukul 08.00 WITA tersebut, Mahfud menegaskan bahwa Pancasila adalah anugerah dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi rakyat Indonesia untuk membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Pada saat membacakan sambutan sebagai inspektur upacara mewakili Presiden Joko Widodo, Mahfud MD mengatakan, Pancasila dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber dari segala sumber hukum. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai ”bintang penuntun” (leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara Kesatuan Republik Indonesia. Cita-cita itu adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

”Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia dan menjadi konsensus nasional. Untuk itu, sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata Mahfud.

Usai upacara, dilanjutkan dengan mengunjungi Taman Pancasila di Ende, dan dilaksanakan dialog kebangsaan yang dipimpin oleh Menko Polhukam. Mahfud MD menegaskan Pancasila harus menjadi pedoman bersama warga dalam berbangsa dan negara, khususnya Ende menjadi inspirasi bagi Sukarno kala itu dalam menggali butir-butir Pancasila melalui perenungan dan kehidupan masyarakat yang majemuk.


Penulis : DHS
Editor : tk

Bagikan

Views: 456