08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional Laksanakan Kunjungan ke ANRI

Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional Laksanakan Kunjungan ke ANRI Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional Laksanakan Kunjungan ke ANRI Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional Laksanakan Kunjungan ke ANRI

13

Sep 23

Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional Laksanakan Kunjungan ke ANRI

Jakarta - 13/09/23, Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar menerima kunjungan Peserta Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Program Eksekutif Nasional (PIP-PEN) Tahun 2023 di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, ANRI. PIP-PEN diselengarakan atas inisiasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan ANRI. Para peserta tersebut terdiri Pejabat Pimpinan Tinggi perwakilan kementerian/lembaga, Sekretaris Daerah Provinsi di seluruh Indonesia, dan perwakilan Rektor Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam sambutannya, Dewan Pakar BPIP Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, Darmansjah Djurmala menyampaikan bahwa berbicara karakter bangsa tak terlepas dengan melihat arsip yang terkait dengan Pancasila. Menurutnya, arsip adalah benda yang tidak bergerak yang tersimpan di dalam rak, ini tugas kita untuk memberi ruh ke dalamnya. Oleh karena itu, BPIP, LAN RI dan ANRI bekerja sama untuk menghidupkan ruh tersebut serta menarik nilai dari arsip.

Sementara itu, Kandar juga menjelaskan tugas dan fungsi ANRI serta relasinya dengan karakter dan memori kolektif bangsa. “Khazanah arsip yang ada di kita (ANRI) ini luar biasa dan silakan dipakai untuk bangsa kita ini,” terangnya. Ditambahkan olehnya, ANRI juga telah membuat arsip secara digital yaitu melalui aplikasi SRIKANDI serta memiliki sarana prasarana kearsipan untuk pelestarian arsip bernilai guna sejarah.

Sebagai informasi, program PIP-PEN ini mengangkat topik antara lain, manivestasi dari aktualisasi TRISAKTI Bung Karno, yakni berdaulat di bidang politik, berdikari/mandiri di bidang ekonomi, serta berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Selain menerima materi tentang kearsipan dan Pancasila, peserta juga mengunjungi sarana prasarana kearsipan yang ada di ANRI dan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa.

( tk/ba )


Penulis : tk/ba

Bagikan

Views: 652