08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Plh. Kepala ANRI: Riset Kearsipan Hasilkan Makna Luar Biasa untuk Bangsa

Plh. Kepala ANRI: Riset Kearsipan Hasilkan Makna Luar Biasa untuk Bangsa Plh. Kepala ANRI: Riset Kearsipan Hasilkan Makna Luar Biasa untuk Bangsa Plh. Kepala ANRI: Riset Kearsipan Hasilkan Makna Luar Biasa untuk Bangsa

25

Aug 23

Plh. Kepala ANRI: Riset Kearsipan Hasilkan Makna Luar Biasa untuk Bangsa

Jakarta - 25/08/23, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Seminar Nasional yang bertemakan “Marwah Geopolitik dan Geostrategi dalam Arsip”. Seminar ini dibuka Plh. Kepala ANRI Imam Gunart di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari yang dihadiri pembicara kunci, peneliti geopolitik Sukarno, Hasto Kristiyanto, dan dua orang narasumber yaitu Hikmahanto Juwana, Connie Rahakundini Bakrie. Turut hadir Sekretaris Utama ANRI RIni Agustiani, Deputi Bidang Konservasi Arsip Kandar dan pejabat tinggi pratama di lingkungan ANRI.

Dalam sambutannya, Imam Gunarto menyampaikan bahwa seminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan RI yang mengangkat tema “marwah geopolitik dan geostrategi dalam arsip”. Pada 2021 Hasto telah melakukan penelitian dalam arsip terkait dengan geopolitik Sukarno, sehingga pada momen ini ANRI mengharapkan Hasto berkenan pencerahan terkait arsip geopolitik Sukarno yang telah teliti di ANRI. Ini diharapkan komunitas kearsipan memahami bahwa riset bidang kearsipan itu memiliki makna yang luar biasa untuk membangun bangsa kita.

Lebih lanjut, Imam juga mengatakan bahwa pemahaman kita tentang geopolitik dan geostrategi harus ditingkatkan, masalah mempertahankan geopolitik dan geostrategi (mempertahankan bangsa) bukan hanya tanggung jawab TNI etapi semua komponen masyarakat harus memahaminya dan harus ikut serta melakukan itu (mempertahankan bangsa). Imam juga menjelaskan hari ini adalah suatu tradisi yang biasa dilakukan ANRI mengundang para peneliti untuk menyampaikan hasil penelitiannya kepada kita supaya kita bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Mengakhirir sambutannya, Imam menyampaikan bahwa tugas kita untuk kepentingan bangsa ini sangat penting dan sangat strategis.

Sebagia informasi selain dilaksanakan secara luring, seminar juga dilaksanakan secara daring melalui zoom cloud meeting dan disiarkan langsung dalam kanal youtube ANRI.

( RI )


Penulis : RI
Editor : tk

Bagikan

Views: 601