08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Plt. Kepala ANRI Menjadi Pembicara pada Acara Simposium Amerika Eropa

Plt. Kepala ANRI Menjadi Pembicara pada Acara Simposium Amerika Eropa Plt. Kepala ANRI Menjadi Pembicara pada Acara Simposium Amerika Eropa

05

Jun 21

Plt. Kepala ANRI Menjadi Pembicara pada Acara Simposium Amerika Eropa

Plt. Kepala ANRI menjadi Pembicara dalam acara Simposium Amerika Eropa (SAE) Iberia 2021 “Jalur Rempah Sebagai Jaringan Peradaban Global" yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan Amerika Eropa (PPIDK Amerop) secara daring, 5 Juni 2021.

Pada kesempatan ini, M. Taufik memaparkan mengenai “Preservasi dan Riset Arsip Jalur Rempah”. M. Taufik menyampaikan bahwa Arsip Nasional Republik Indonesia telah melakukan rekonstruksi terhadap arsip-arsip jalur rempah sehingga dapat diakses dan dimanfaatkan kepada peneliti sebagai bahan riset dan sumber pengetahuan.

M. Taufik menambahkan bahwa preservasi arsip jalur rempah sangat penting karena merupakan upaya pelestarian memori kolektif kehidupan berbangsa dan bernegara, jati diri bangsa untuk diwariskan kepada generasi mendatang.

Arsip Jalur Rempah merupakan warisan dokumenter yang memiliki signifikansi dunia yang tinggi dan berpotensi menjadi memori warisan dunia (Memory of the World). Arsip tersebut memuat rekaman kegiatan dan peristiwa dalam berbagai bentuk dan media yang berkaitan jalur rempah.

Menelusuri mengenai jalur rempah menjadi sangat menarik, salah satunya karena pengetahuan ini dapat terkait dengan berbagai bidang disiplin ilmu.

(is)

( is )


Penulis : is
Editor : is

Bagikan

Views: 648