08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate

Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate

28

Sep 23

Plt. Kepala ANRI Serahkan Citra Daerah Musi Banyuasin di Bumi Serasan Sekate

Musi Banyuasin - 28/9/2023, Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto menyerahkan secara simbolis Naskah Sumber Arsip Citra Derah Kabupaten Musi Banyuasin kepada Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin, H. Apriyadi, dan Ketua DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Sugondo. Penyerahan Naskah Sumber Arsip Citra Derah Kabupaten Musi Banyuasin ini bertepatan dengan HUT ke-67 Kabupaten Muba, pada 28 September 2023.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa Naskah Sumber Arsip Citra Derah Kabupaten Musi Banyuasin merefleksikan bagaimana sebuah daerah (Kabupaten Musi Banyuasin) memberikan warna dan corak pembangunan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Naskah Sumber Arsip Citra Derah Kabupaten Musi Banyuasin menggambarkan Kabupaten Musi Banyuasin dari masa ke masa ini terdiri dari 184 arsip khazanah ANRI dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan arsip tertua tahun 1889 dan yang termuda tahun 2023. Di antara arsip tersebut terdapat peta konsesi Palembang Maatschappij tahun 1889, arsip berbagai kesenian yang ditampilkan pada Malam Seleksi Tari dan Lagu Daerah Kabupaten Musi Banyuasin koleksi Dr. Zainal Ansori, serta foto pasukan KNIL berkuda yang melaksanakan patroli di Musi Banyuasin.

Pembuatan Citra Daerah Kabupaten Musi Banyuasin ini diharapkan tidak hanya dapat memperluas wawasan masyarakat terhadap khazanah arsip mengenai Kabupaten Musi Banyuasin baik yang ada di ANRI maupun di LKD Musi Banyuasin, namun juga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mencari arsip yang dipergunakan sebagai sumber penelitian.

Diharapkan pula Pj. Bupati Kabupaten Musi Banyuasin dan seluruh jajarannya kedepannya tidak hanya berhasil menyelamatkan arsip yang memiliki nilai sejarah namun kemudian dapat meningkatkannya dengan mendaftarkannya sebagai bagian dari Memori Kolektif Bangsa (MKB).

Pada kesempatan ini, Imam Gunarto juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang telah berhasil mengimplementasikan aplikasi Srikandi. Saat ini Kabupaten Musi Banyuasin berada pada peringkat 7 (tujuh) dari 406 pengguna live aplikasi Srikandi, dan menjadi peringkat 1 (satu) di seluruh Sumatera. Aplikasi Srikandi telah menghubungkan dengan lebih dekat daerah-daerah yang ada di Musi Banyuasin.

(G'CA)


Penulis : G'CA
Editor : sa

Bagikan

Views: 512