Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
Portal JIKN Hadirkan Manfaat bagi Masyarakat

08

Sep 21

Portal JIKN Hadirkan Manfaat bagi Masyarakat

Singaraja, Bali - 03/09/21 Setelah sekian lama melakukan pencarian dan penelusuran, akhirnya pihak Yayasan Dana Punia (YDP) menemukan salah satu aset berharga milik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu di Singaraja Bali yaitu arsip pendirian STKIP di portal jikn.go.id yang dikelola Arsip Nasional Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan Ketua YDP, Gede Widya Mintaraga di kantor YDP Singaraja Bali. Kisah tersebut berawal saat Gede Widya dipercaya sebagai Ketua Yayasan yang baru dan bermaksud ingin belajar dan mengetahui lebih dalam tentang YDP melalui dokumen atau arsip yang selama ini disimpan oleh pihak YDP. Namun setelah arsip dikumpulkan dan dibaca, ada salah satu arsip penting yang tidak ada dalam kumpulan berkas arip YDP yaitu arsip tentang perubahan status STKIP dan arsip pendukung lainnya.

Pihak YDP mulai melakukan pencarian ke para pengurus Yayasan sebelumnya, para sesepuh dan pendiri yayasan hingga ke kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Buleleng namun hasilnya masih nihil. Dengan kemajuan teknologi informasi, pihak YDP mulai melakukan pencarian dan penelusuran lewat internet dan hasil penelusuran menemukan jalan baru hingga sampai lah ke portal JIKN ANRI. Kemudian Gede Widya secara aktif menghubungi ANRI sebagai pusat jaringan JIKN. Pusat jaringan JIKN melakukan pengecekan metadata terhadap arsip yang dimaksud kemudian koordinasi dengan unit layanan untuk mendapatkan copy arsip tersebut agar dapat disimpan pihak YDP.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ANRI yang mengelola portal JIKN dan telah menyimpan arsip penting dan bersejarah milik YDP. Keberadaan portal JIKN benar-benar penting bagi kami dan seluruh masyarakat karena mudah diakses, menyimpan arsip bersejarah dan bermanfaat bagi kami," sambung Gede Widya. #tj