08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

PPID ANRI Perkuat Pengelolaan Informasi Publik

PPID ANRI Perkuat Pengelolaan Informasi Publik

15

Jan 17

PPID ANRI Perkuat Pengelolaan Informasi Publik

Rapat Koordinasi Pengelola PPID yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama Sumrahyadi berlangsung di ruang serbaguna Noerhadi Magetsari Gedung C lantai 2.  Kegiatan Rakor Pengelola PPID ini dilaksanakan dalam rangka penguatan struktur PPID ANRI yang telah tiga kali menjadi yang terbaik dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik di tingkat Lembaga Negara non Kementerian (LPNK), dimana dalam rangka penyajian Daftar Informasi Publik (DIP) dibutuhkan koordinasi intensif antara pengelola Central File (PCF) di setiap unit kerja yang tersebar di 18 unit Eselon II berupa Daftar Arsip Aktif, dikumpulkan melalui Bagian Arsip dan direkapitulasi oleh PPID ANRI yang berada di Bagian Humas dan TU Pimpinan. Rapat Koordinasi ini mengundang narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi Yuyuk Andriati Ishak dan dari Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) Henny S Widyaningsih dengan didahului pengantar Profil PPID ANRI oleh kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Syaifuddin.

Rapat Koordinasi yang mengangkat tema Informasi Publik hendaknya dapat di akses kepada publik adalah karena informasi yang disimpan, dikelola, dikirim atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara terdapat juga dua unsur mana yang bisa di akses dan juga ada yang tidak dapat diakses oleh publik.  Fokus pengarahan dalam rapat yaitu kepada para Pengelola Central File (PCF) dan para sekretaris yang telah menyampaikan daftar arsip aktifnya melalui Bagian Arsip untuk bisa melakukan rekapitulasi menjadi format yang baku dalam Daftar Informasi Publik (DIP) yang harus siap disajikan dalam setiap semester. DIP inilah yang harus disajikan atau sebagai panduan/daftar untuk mengakses arsip dinamis yang ada di ANRI.


Bagikan

Views: 638