08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon

Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon

26

Feb 24

Preservasi Arsip Warisan Budaya Keraton Nusantara di Kasultanan Kasepuhan Cirebon

Cirebon - 26/02/24, Tim Preservasi Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan penyelamatan dan pelestarian terhadap arsip yang disimpan di Kasultanan Kasepuhan Cirebon, 19-23 Februari 2024. Pada kesempatan ini, Tim ANRI yang dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dalam hal penyelamatan dan pelestarian arsip agar fisik dan informasinya dapat lestari dan terjaga selamanya.

Kasultanan Kasepuhan Cirebon yang dihadiri oleh Patih Sepuh Pangeran Raja Goemelar Soerjadiningrat, Pangeran Patih Pangeran Raja Muhammad Nusantara, dan RR Ratu Alexandra Wiyaningrat serta staff, menyambut baik serta mengucapkan terima kasih kepada ANRI atas peran serta dalam penyelamatan dan pelestarian arsip/naskah yang dimiliki oleh Kesultanan Kasepuhan Cirebon. Pihak Kasultanan berharap bahwa ANRI dapat melakukan kegiatan ini secara rutin mengingat banyaknya jumlah arsip/naskah yang dimiliki oleh keraton.

Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Cirebon, Gunawan, ATD, DEA, serta jajarannya yang menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh ANRI dalam hal preservasi arsip. Gunawan menyampaikan bahwa Dispusip berupaya menyelamatkan naskah kuno yang dimiliki oleh keraton setempat yaitu Kasepuhan dan Kanoman dengan teknologi digital yang dinamakan Sistem Informasi Koleksi Naskah Kuno (Singkono). Laman Singkono bisa diakses masyarakat luas untuk melihat langsung naskah-naskah kuno dalam bentuk digital.

Dalam kesempatan ini diharapkan semua peserta yang hadir baik dari Kasultanan Kasepuhan Cirebon dan juga dari Dispusip dapat menimba ilmu yang diberikan oleh Tim Preservasi Arsip ANRI secara maksimal dan mempraktekkannya secara mandiri di tempat kerja.

Tim ANRI mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan sehingga seluruh kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir acara dan menghasilkan rangkaian preservasi arsip secara utuh.

( FY )


Foto : Direktorat Preservasi
Penulis : FY
Editor : Is

Bagikan

Views: 236