Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Presiden Jokowi: Pengelolaan Arsip Harus Gunakan Cara Baru

Presiden Jokowi: Pengelolaan Arsip Harus Gunakan Cara Baru

09

Jun 21

Presiden Jokowi: Pengelolaan Arsip Harus Gunakan Cara Baru

Jakarta - 09/06/21, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pada era disrupsi teknologi saat ini, pengelolaan arsip harus dilakukan dengan cara-cara baru, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Kearsipan ke-50 yang digelar secara daring dan luring di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), jalan Gadjah Mada nomor 111, Jakarta Barat. “Tinggalkan cara-cara lama dalam pengarsipan yang pengelolaan tidak efisien, akses yang lama untuk menemukannya dan juga penyimpanan yang tersebar di mana-mana. Presiden Jokowi pun memberikan apresiasi dan dukungan kepada ANRI yang telah membangun Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi, agar pengelolaan arsip dinamis lebih terintegrasi, efisien dan efektif, sehingga lembaga pemerintah pusat maupun daerah tidak membangun aplikasinya sendiri-sendiri,” terang Presiden Jokowi.

Ditambahkan beliau, keamanan juga merupakan hal utama pada inovasi kearsipan. Ini tak lain karena inovasi adalah kunci kemajuan terhadap adaptasi teknologi digital yang harus segera dilakukan. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan layanan arsip yang cepat dan nyaman. Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa berbagai negara sedang berlomba-lomba mengembangkan manajemen arsip berbasis elektronik. Inovasi kearsipan tidak semata ditujukan untuk pengelolaan arsip pemerintahan, tetapi juga untuk tema-tema publik seperti yang dilakukan negara-negara dengan menyediakan portal yang berisikan konten dengan tema-tema yang akrab bagi publik, dengan layanan akses yang nyaman.

Presiden Jokowi pun menekankan bahwa arsip menjadi landasan penting dalam merumuskan kebijakan dengan cepat, menjadi dokumentasi kekayaan negara termasuk seni dan budaya. Khazanah arsip harus disajikan secara menarik sehingga memunculkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda terhadap budaya bangsa dan negara. Pada tahun emas kearsipan ini, Presiden Jokowi juga berpesan agar momen ini menjadi momentum bagi ANRI untuk melakukan lompatan kemajuan, berbenah diri, berinovasi, dan beradaptasi dengan teknologi, sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi bangsa.

Sebagai informasi, peringatan Hari Kearsipan ke-50 mengusung tema Tahun Emas Kearsipan: Satukan Langkah Mewujudkan Arsip Digital. Adapun puncak peringatan Hari Kearsipan ke-50 diikuti seluruh komunitas kearsipan secara daring dan luring yang dihadiri tamu undangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Pada kesempatan ini pun turut dilaksanakan pemberian anugerah kearsipan kepada instansi pemerintah pusat yang memperoleh nilai hasil pengawasan tahun 2020 yang masuk 3 besar pada tiap kategori.

( tk )