08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Prof. Susanto Zuhdi: Arsip Memantik Ingatan Kolektif untuk Bentuk Identitas Bersama

Prof. Susanto Zuhdi: Arsip Memantik Ingatan Kolektif untuk Bentuk Identitas Bersama

02

Jun 22

Prof. Susanto Zuhdi: Arsip Memantik Ingatan Kolektif untuk Bentuk Identitas Bersama

Jakarta, 01/06/22 – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan talkshow dengan tema Pancasila dalam Khazanah Arsip. Kegiatan yang diselenggarakaan secara daring melalui Zoom Meeting ini disiarkan secara langsung melalui Youtube Arsip Nasional RI.

Sejarawan Universitas Indonesia, Prof. Susanto Zuhdi yang menyampaikan mengenai Pancasila dari perspektif historis mengatakan bahwa sejarah berperan besar dalam membentuk jati diri bangsa dan arsip memiliki peran penting, ketika kehadiran arsip itu memantik ingatan kolektif yang dapat digunakan untuk membentuk identitas bersama. Arsip itu merupakan suatu proses bagaimana masyarakat sadar akan perjalanan sejarahnya dan merasa diikat oleh suatu pengalaman bersama. Nasionalisme akan kuat ketika dilandasi oleh pengalaman bersama itu. 

Pada kesempatan ini, beliau menunjukkan Risalah  sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indoensia (BPUPKI) Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang disusun tahun 1995 oleh Kementerian Sekretariat Negara dan menyampaikan bahwa Pancasila selain dasar negara, juga merupakan ideologi bangsa.

Pada tahun 2022, Hari Lahir Pancasila mengangkat tema Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia dan pada talkshow ini turut hadir Kepala ANRI, Imam Gunarto, Arsiparis Ahli Madya ANRI, Mira Puspita Rini, Budayawan, Taufik Rahzen dan dimoderatori oleh Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda ANRI, Tiara Kharisma.

Selain pelaksanaan talkshow, pada peringatan Hari Lahir Pancasila ini ANRI juga turut merilis pameran arsip virtual bertajuk "Ende dan Nilai-Nilai Pancasila" yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/Endenilaipancasila. 

( SA )


Penulis : SA
Editor : Tk

Bagikan

Views: 1536