08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
PT Semen Padang Serahkan Arsip Statis ke ANRI PT Semen Padang Serahkan Arsip Statis ke ANRI PT Semen Padang Serahkan Arsip Statis ke ANRI

07

Dec 22

PT Semen Padang Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Padang, Sumatera Barat - 07/12/22, Perusahaan produsen semen PT Semen Padang menyerahkan arsip statis yang diciptakannya ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Arsip Statis secara resmi dilakukan oleh Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri, dan Kepala ANRI, Imam Gunarto, dalam acara Penyerahan Arsip Statis PT Semen Padang ke Arsip Nasional Republik Indonesia pada Rabu, 7 Desember 2022 di Club House PT Semen Padang, Padang, Sumatera Barat.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Kearsipan PT Semen Padang, Nelvi Irawati, beserta jajaran dan Koordinator UKP PT Semen Padang beserta jajaran. Sedangkan dari pihak ANRI hadir pula Direktur Akuisisi, Wawan dan tim. Di samping itu, acara ini turut mengundang Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dan Asosiasi Arsiparis Indonesia Provinsi Sumatera Barat.

PT Semen Padang merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang produksi semen dan telah berdiri sejak masa Hindia-Belanda, tepatnya tanggal 18 Maret 1910. Berawal dari sebuah pabrik semen pertama di Indonesia bernama NV Nederlandsch-Indische Portland Cement Maatschappij, lalu dinasionalisasi pada 5 Juli 1958, hingga menjadi salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia, perusahaan ini menyimpan sejarah panjang terekam dalam arsip statis yang penting untuk diselamatkan.

Dalam acara ini, PT Semen Padang menyerahkan sebanyak delapan belas boks arsip yang terdiri atas laporan tahunan 2001-2002 dan 2004-2010, kebijakan mutu, surat-surat Keputusan Direksi, laporan akhir Proyek Indarung III C 600 ribu ton/tahun, piagam penghargaan, sertifikat-sertifikat, laporan hasil uji, dan lain-lain. Arsip statis ini seterusnya akan dilestarikan di ANRI sebagai sumber sejarah, pengetahuan, dan memori kolektif bangsa.

( TTA )


Penulis : TTA

Bagikan

Views: 916