08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusat SJIKN Beraudiensi dengan Pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Wilayah DKI Jakarta

Pusat SJIKN Beraudiensi dengan Pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Wilayah DKI Jakarta Pusat SJIKN Beraudiensi dengan Pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Wilayah DKI Jakarta

13

Oct 23

Pusat SJIKN Beraudiensi dengan Pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia Wilayah DKI Jakarta

Jakarta - 13/10/23, Di sela-sela kesibukanya sebagai guru di sekolah, para pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (ASGI) wilayah DKI Jakarta menyempatkan untuk hadir di Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasiional (SJIKN) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam rangka koordinasi pelaksanaan kegiatan Simposium Nasional Guru Sejarah V di Jakarta.

”Kehadiran kami hari ini bermaksud untuk mengundang JIKN hadir dalam acara Simposium Nasional Guru Sejarah V di Jakarta sebagai tindak lanjut dari hasil kegiatan sosialisasi JIKN yang dilakukan September 2023 di mana kami dari ASGI sebagai salah satu peserta yang diundang hadir waktu itu,” kata Zia Ulhaq selaku Ketua Panitia pelaksana Simposium Nasional Guru Sejarah V di Jakarta yang didampingi Rizky selaku pengurus ASGI wilayah DKI Jakarta.

Perlu disampaikan, bahwa sebelumnya Pusat SJIKN pada September 2023 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Layanan JIKN versi-2 kepada masyarakat dengan peserta dari kelompok mahasiswa sejarah, para guru sejarah dan komunitas lainnya untuk wilayah DKI Jakarta. Tujuan sosialisasi adalah mendorong masyarakat untuk meningkatkan layanan akses dan memanfaatkan arsip sebagai salah satu sumber pengetahuan dan memori kolektif yang autentik dan dapat dipercaya, untuk memperkuat karakter bangsa dan penyediaan peluang peningkatan kesejahteraan rakyat melalui SIKN dan JIKN.   

Kehadiran dari ASGI diterima Arsiparis Madya selaku Ketua Layanan Konten JIKN Pusat SJIKN ANRI, Anak Agung Gede Sumardika, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan perhatiannya khususnya terkait dengan undangan panitia kepada JIKN dalam acara Simposium Nasional Guru Sejarah V di Jakarta.

“Terima kasih sebelumnya atas kehadiran dan kerja samanya selama ini dan juga atas undangannya nanti di acara Simposium Nasional Guru Sejarah V di Jakarta. Ini adalah peluang bagi JIKN dalam upaya menyosialisasikan layanan informasi kearsipan kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan layanan akses dan pemanfaatan arsip bagi masyarakat,” kata Agung.

Dari informasi yang kami terima bahwa JIKN adalah portal pemerintah di bidang kearsipan yang menyajikan informasi secara autentik dan utuh adalah penangkal hoaks yang sangat berguna bagi kami para guru sebagai bahan referensi terpercaya dan sangat membantu dalam proses belajar mengajar di sekolah. Bahwa dalam proses belajar mengajar sumber autentik dan utuh serta terpercaya merupakan kewajiban yang harus disiapkan untuk dapat disajikan secara baik dan benar kepada para siswa, tambah Zia.

Layanan informasi kearsipan yang autentik dan utuh serta terpercaya adalah informasi yang disajikan di portal kearsipan nasional yaitu JIKN (jikn.anri.go.id).


Penulis : #tj
Editor : tk

Bagikan

Views: 463