Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Pusat SJIKN Terima Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas

Pusat SJIKN Terima Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Pusat SJIKN Terima Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas Pusat SJIKN Terima Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas

19

Jan 23

Pusat SJIKN Terima Kunjungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas

Jakarta (19/01/23) - Dalam rangka koordinasi tata penyelenggaraan SIKN dan JIKN, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah berkunjung ke Pusat Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, Kamis (19/1). 

“Maksud kedatangan kami hari ini adalah untuk koordinasi terkait dengan tata cara penyelenggaraan SIKN dan JIKN. Prosedur dan apa saja yang harus kami persiapkan agar segera mendapatkan Sertifikat Keanggotaan, serta dalam rangka implementasi SIKN dan JIKN, khususnya di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas, Edwin Yustian saat diterima oleh Koordinator Kelompok Substansi Pengembangan Simpul Jaringan ANRI, Anak Agung Gede Sumardika. 

Agung menyampaikan bahwa dalam rangka implementasi SIKN dan JIKN di instansi perlu mempersiapkan tim pengelola SIKN dan JIKN, daftar arsip statis dan sarana dukung lainnya, serta kebijakan pimpinan. Agung menambahkan, tim pengelola selanjutnya mengikuti bimbingan teknis (bimtek) input data dan mengunggah arsip minimal 200 item secara baik dan benar. Setelah diverifikasi dan dinyatakan baik oleh tim dari Pusat SJIKN, selanjutnya diusulkan untuk segera diterbitkan Sertifikat Keanggotaan SIKN dan JIKN.

Sebagai informasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gunung Mas telah terdaftar sebagai Simpul Jaringan (SJ) SIKN dan JIKN sejak tahun 2019, namun belum memperoleh Sertifikat Keanggotaan SJ SIKN dan JIKN. 

“Di kesempatan selanjutnya dalam waktu yang tidak terlalu lama, mulai dari sekarang, saya akan membentuk tim pengelola SIKN dan JIKN terlebih dahulu dan segera mengirim ke Pusat SJIKN ANRI untuk mengikuti bimtek SIKN dan JIKN. Target kami sebelum peringatan Hari Kearsipan Nasional, Sertifikat Keanggotaan SIKN dan JIKN sudah kami terima,” sambung Edwin Yustian. 

 

( #tj )