08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat

Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat

01

Mar 23

Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan Terima Kunjungan Indonesia Heritage Society dan SMK 9 Jakarta Barat

Jakarta – 1/3/2023, Hujan yang membasahi kawasan Jalan Gajah Mada dan sekitarnya tidak memudarkan semangat para pengunjung untuk belajar mengenai masa lampau. Membuka bulan Maret 2023, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdiapres) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima 2 (dua) kelompok kunjungan. Kunjungan terdiri atas Indonesian Heritage Society (IHS) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 9 Petamburan, Jakarta Barat.

 

Kunjungan dari IHS diterima oleh 2 (dua) orang Arsiparis dari Pusdiapres, yaitu Ari Syah Bungsu dan Octavia S. Kunjungan yang terdiri atas 25 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) ini dipimpin oleh tour guide dari HIS, Helena Brikke. Agenda kunjungan berupa visitasi Gedung Cagar Budaya yang pada awalnya merupakan kediaman dari Reynier de Klerk, Gubernur Jenderal dari Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) periode 1777 - 1780. Pemanduan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris. Pengunjung begitu terpukau dan menarik dengan kondisi bangunan serta konten yang diberikan oleh para pemandu. Pengunjung begitu bersemangat ketika Ari Syah Bungsu mendemonstrasikan cara pengoperasian salah satu brankas yang terdapat di Gedung tersebut. 

 

Agenda kedua dari kunjungan adalah mengunjungi Pameran Arsip Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Pada sesi ini dipandu oleh Ari Syah Bungsu dan Octavia S. Pemanduan terdiri atas 4 (empat) tema dari Presiden Sukarno yang divisualisasikan melalui koleksi Arsip Nasional dari media tekstual, foto, film, dan peta; teknologi visual, replica baju Presiden Sukarno dan lain sebagainya. Di akhir kunjungan, pengunjung menyampaikan apresiasi terhadap Pusdiapres atas bangunan fisik dan materi yang diberikan.

 

Kunjungan yang kedua berasal dari SMK 9 Jakarta Barat. Kunjungan terdiri atas 35 orang siswa, dan 2 (dua) orang guru pendamping. Pemanduan diselenggarakan dalam 2 (dua) gelombang. Kunjungan diterima oleh Hendy Kristiantoro dan M. Tama Bara Sakti. Agenda kunjungan terdiri atas Gedung Cagar Budaya dan Pameran Arsip Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Di akhir kunjungan, Hendy Kristiantoro melakukan wawancara kepada 2 (dua) orang siswi, Indah dan Intan. Mereka mengatakan bahwa mereka dapat mengetahui tentang kehidupan Presiden Sukarno dan perjuangan beliau selama menjabat sebagai Presiden pertama Republik Indonesia dan menyampaikan bahwa bangunannya begitu bersih dan estetik.

 

( TimPSASK )

 


Penulis : TimPSASK
Editor : nisaa

Bagikan

Views: 1278