08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar

Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar

11

Oct 23

Pusdipres Gelar Diskusi Menelusur Jejak Sukarno di Kota Surabaya dan Blitar

Jakarta - 11/10/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menyelengarakan Diskusi Online Pusdipres atau yang disingkat dengan DOP. DOP seri kedua kali ini bertajuk “Menelusur Jejak Sukarno di Dua Kota: Surabaya dan Blitar” yang terdiri atas tiga sesi, yaitu pengantar diskusi, pemaparan materi dan diskusi.

Pengantar materi diskusi adalah agenda DOP Seri 2 yang disampaikan Ketua Tim Akuisisi dan Pengolahan Pusdipres, Widhi Setyo P. Materi yang disampaikan meliputi konsiderasi pemilihan Kota Surabaya dan Kota Blitar, pengenalan Pusdipres dan sosialisasi gedung cagar budaya serta pameran arsip tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Pada akhir pemaparan materi, dilakukan soft launching dari Program Jejak Sejarah Presiden (Jasa Presiden) melalui cuplikan trailer video dengan durasi berkisar dua menit.

DOP Seri 2 dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dosen Luar Biasa Universitas Ciputra Surabaya, FX Domini BB Hera dengan Arsiparis Madya Pusdipres, Octavia S bertindak sebagai moderator. Konsep yang digunakan pada sesi ini adalah berbagi informasi mengenai jejak Sukarno di Surabaya dan Blitar. Lokasi dari jejak Sukarno di Surabaya terdiri atas area pemakaman Peneleh, rumah kelahiran Presiden Sukarno, kediaman H.O.S. Tjokroaminoto, SMK Farmasi Surabaya, dan kediaman Ibu Enny Omah Kenangan. Sedangkan lokasi Jejak Sukarno di Kota Blitar terdiri atas kediaman Sukemi, kediaman Kartowisastro, dan makam Sukarno.

Setelah pemaparan materi dilaksanakan sesi tanya jawab yang terdapat lima orang penanya, terdiri atas Sutrisno dari Universitas Medan, Respati, Imam Agus dari Bakamla RI, Joko Yulianto, dan Akhmalus S dari BPSDM Jatim.

( OT )


Penulis : OT
Editor : tk

Bagikan

Views: 393