08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan

Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan

27

Jun 24

Pusdipres Gelar Kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan

- Jakarta, 27/06/2024 - Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Kepemimpinan Presiden Sukarno melalui Arsip Kepresidenan. Tema seminar kali ini adalah Presiden Sukarno: Relevansi Jejak Kepemimpinan, Inspirasi Pemuda. Acara seminar ini diselenggarakan secara luring di Pameran Arsip Presiden Pertama Ir. Sukarno Lantai I yang berlokasi di Jalan Gajahmada No. 111, Jakarta Barat, dan secara daring via kanal Youtube Arsip Nasional RI. Pada seminar kali ini terdiri atas seorang narasumber pemantik dan tiga orang narasumber.

Pada sesi pembukaan acara disampaikan oleh Kepala Pusdipres, Agus Santoso. Dalam sambutannya disampaikan tujuan dari seminar nasional ini bertujuan untuk diseminasi nilai-nilai kepemimpinan Presiden Sukarno melalui arsip kepresidenan, terimplementasikannya nilai-nilai kepemimpinan kepada pemuda dan peningkatan rasa cinta tanah air para peserta seminar terhadap NKRI.

Pada sesi pemaparan, bertindak sebagai narasumber pemantik yaitu Ricky Radius Siregar yang menjabat sebagai Asisten Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Diskusi kemudian dipantik dengan beberapa fakta eksisting mengenai kepemudaan dalam konteks kekinian yang tidak sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pada sesi pemaparan pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Asvi Warman Adam yang merupakan Penelitian Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional. Materi yang disampaikan bertajuk “Totalitas dalam Memimpin: Pesan Bung Karno kepada Generasi Muda”.

Seminar dilanjutkan dengan pemaparan Yossy Ahmad Falah yang merupakan Analis Kebijakan Ahli Madya di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Materi yang dipaparkan berjudul “Relevansi Nilai Kepemimpinan Sukarno dalam Perspektif Karakter Pemuda.” Adapun sebagai  pemapar terakhir, Axel Feivel Hutapea yang menyampaikan materi “Arsip Kepresidenan sebagai Inspirasi Kepemimpinan bagi Pemuda” diawali dengan pemuda dari masa ke masa di Indonesia. Seminar dilanjutkan dengan sesi diskusi. Bagi sahabat arsip yang ingin melihat Kembali seminar ini dapat melihat di kanal YouTube Arsip Nasional RI.

 

( OT )


Foto : Tim Humas dan Pusdipres
Penulis : OT
Editor : is

Bagikan

Views: 42