08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Menerima Kunjungan Peneliti Furnitur di Museum Sejarah Jakarta

Pusdipres Menerima Kunjungan Peneliti Furnitur di Museum Sejarah Jakarta

02

Aug 23

Pusdipres Menerima Kunjungan Peneliti Furnitur di Museum Sejarah Jakarta

- Jakarta, 2/8/2023 - Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan menerima kunjungan dari peneliti yang berasal dari Negara Australia dan Belgia. Agenda dari kunjungan ini adalah meneliti terkait dengan Sejarah furnitur yang terdapat di Bangunan Cagar Budaya yang pada awalnya berada di bawah kepemilikan Reiner de Klerk, Gubernur Jenderal Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC).

Kunjungan ini terima oleh perwakilan arsiparis di lingkungan Pusdipres, yaitu Hendy K dan Octavia S. Pada kunjungan ini dipaparkan bahwa furnitur yang sezaman dengan bangunan ini adalah dua brankas yang terdapat di lantai dasar.

Pemandu menjelaskan bahwa terdapat beberapa trik untuk membuka lubang kunci brankas tersebut. Pasca pemaparan dari pemandu, disampaikan bahwa masih dibutuhkan studi literatur terkait dengan furniture pada masa VOC dan Hindia Belanda.

Tim peneliti kemudian membagikan hasil penelitian terkait furniture di Museum Sejarah Jakarta. Pemandu berharap dengan materi ini dapat menambah wawasan terkait furnitur. Tim peneliti kemudian menyampaikan rencana selanjutnya untuk mengunjungi Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno.

( TimPSASK )


Penulis : TimPSASK

Bagikan

Views: 508