08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
Pusdipres Studi Tiru Pocadi ke Perpusnas RI Pusdipres Studi Tiru Pocadi ke Perpusnas RI

19

Oct 23

Pusdipres Studi Tiru Pocadi ke Perpusnas RI

Jakarta – 19/10/2023, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Subbagian Umum menyelenggarakan studi tiru terkait dengan konsep Pojok Baca Digital (Pocadi) yang dilaksanakan di Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI). Tim studi tiru ini terdiri atas Kepala Subbagian Umum, Ika Tantri A dan Arsiparis di lingkungan Pusdipres, M.T. Bara Sakti dan Rifa F.S. Kunjungan tim Pusdipres diterima oleh Ketua Kelompok Kerja Pengembangan Perpustakaan Khusus, Rohani Br Tohang.

Kepala Subbagian Umum Pusdipres ANRI, Ika Tantri menyampaikan tujuan studi tiru dalam rangka rencana penyediaan fasilitas Pocadi di Pusdipres. Melalui kunjungan ini, beberapa hal yang menjadi masukan untuk Pusdipres di antaranya penyediaan koleksi buku atau referensi fisik agar dilaksanakan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan Pocadi. Selain itu, Pocadi dapat dikonsultasikan kepada Perpustakaan Umum. Tim diarahkan untuk menyusun proposal yang ditandatangi oleh Kepala ANRI terkait dengan permohonan hibah buku fisik dari Perpusnas RI dan konsultasi pendirian Pocadi yang dapat dikoordinasikan ke Bagian Umum Perpusnas RI.

Referensi merupakan hal yang krusial dalam melakukan riset. Riset yang dilaksanakan dengan baik dapat menghasilkan informasi yang dapat melengkapi penyajian informasi arsip, dalam hal ini adalah arsip kepresidenan. Selain itu, referensi digital akan memfasilitasi pengguna dalam mengakses informasi lebih efektif dan efisien.  

( OT )


Penulis : OT
Editor : sa

Bagikan

Views: 218