08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

11

Jul 23

Pusdipres Telusuri Informasi dan Berkreasi ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Blitar – 11/7/2023, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui melaksanakan penelusuran sumber dan referensi dalam rangka penyusunan guide arsip statis Sukarno dan Perkembangan Kemaritiman ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno (PPBK) yang berlokasi di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Widhi S Putro, Octavia S, M. Tama Bara Sakti, Hanif A Rahman, Rifa F Salsabela dan Wahyu S Budi.

Tim penelusur diterima Kepala UPT PPBK, Nurny Syam dan Pustakawan di lingkungan PPBK, Budi Kastowo. Pada kesempatan ini, Ketua Tim Akuisisi dan Pengolahan, Widhi S Putro menyampaikan terima kasih atas penerimaan tim penelusur di PPBK. Diharapkan agar dari kunjungan ini dapat diperoleh informasi terkait dengan penyusunan Guide Arsip Statis Sukarno dan Perkembangan Kemaritiman. Selain itu, diharapkan dapat terjalin koordinasi dengan PPBK terkait dengan konsep Galleries, Libraries, Archives, Museums (GLAM) dari arsip kepresidenan sehingga dapat memberikan akses dan informasi yang komprehensif kepada para pengguna.

Pada kesempatan yang sama, Nurny Syam menyampaikan ANRI dan PPBK dapat saling melengkapi koleksi. Nunik juga menyampaikan jumlah koleksi tentang Sukarno yang berkisar 6.000. Pada sesi berikutnya Pustakawan PPBK, Budi menyampaikan materi latar belakang dan sejarah dari pendirian PPBK.

Berdasarkan hasil penelusuran, tim memperoleh beberapa referensi terkait penyusunan guide arsip statis. Selain itu disampaikan program Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah Bung Karno (Jaket) yang menyinkronisasikan informasi yang terkait dengan Sukarno dan diharapkan ANRI dapat berpartisipasi pada program ini.

Agenda penelusuran kemudian dilanjutkan dengan pembuatan konten di areal pemakaman Presiden Sukarno. Tim penelusur membuat konten terkait dengan prosesi pemakaman Presiden Sukarno di Blitar. Konten ini dibuat dalam rangka diseminasi informasi arsip Kepresidenan yang akan diunggah dalam program Jasa (Jejak Sejarah) Presiden yang akan diunggah pada akun media sosial ANRI.

( OT )


Penulis : OT
Editor : tk

Bagikan

Views: 425