08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Rapat Kolaborasi Program Penyelamatan Arsip Keraton Nusantara

Rapat Kolaborasi Program Penyelamatan Arsip Keraton Nusantara Rapat Kolaborasi Program Penyelamatan Arsip Keraton Nusantara Rapat Kolaborasi Program Penyelamatan Arsip Keraton Nusantara

15

Dec 23

Rapat Kolaborasi Program Penyelamatan Arsip Keraton Nusantara

Jakarta - 15/12/2023, Dalam upaya penyelamatan arsip Keraton Nusantara sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, Direktorat Presevasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan rapat bersama dengan Pusat Sistem dan Jaringan Kearsipan Nasional (SJIKN) di ruang rapat Direktorat Preservasi.

Rapat dipimpin Direktur Preservasi, Agus Santoso yang didampingi Ketua Tim Restorasi Susanto dan Ketua Tim Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Supriyono. Turut hadir Kepala Pusat SJIKN, Listianingtyas Murgiwati didampingi Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten JIKN, Anak Agung Gede Sumardika bersama para person in charge kegiatan dan anggaran.

”Kegiatan penyelamatan arsip Keraton Nusantara ini merupakan program kami di Direktorat Preservasi di tahun anggaran 2024 yang akan diawali dengan acara workshop di bulan Februari 2024 di ANRI dengan mengundang perwakilan dari Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) dan dari Forum Silahturahmi Keraton Nusantara (FSKN). Adapun tujuan dan target kegiatan ini disamping melaksanakan preservasi arsip yang dalam kondisi rusak adalah metadata arsip yang dimiliki masing-masing keraton,” kata Agus Santoso saat membuka rapat.

Sebelumnya disampaikan bahwa proses dan tahapan kerja dari kegiatan ini diawali dengan assessment atau penilaian terhadap arsip yang dimiliki oleh tim dari Direktorat Preservasi bekerja sama dengan LKD masing-masing di wilayah Keraton. Kemudian dilanjutkan dengan penataan hingga restorasi dan alih media arsip terhadap arsip yang dalam kondisi rusak.

”Kami menyambut baik kegiatan penyelamatan arsip Keraton Nusantara yang digagas oleh Direktorat Preservasi, apalagi target yang ingin dicapai salah satunya adalah data arsip yang dimiliki keraton. Perlu kami sampaikan bahwa Pusat SJIKN tahun 2023 ini telah melaksanakan kegiatan penyelamatan arsip Warisan Budaya Nusantara sesuai dengan Deklarasi Yogyakarta melalui program SJPP, dimana setiap LKD yang masuk sebagai peserta program SJPP mempunyai tugas dan tanggung jawab input data ke SIKN,” jelas Kepala Pusat SJIKN, Listianingtyas.

Listianingtyas menambahkan, program dan kegiatan ini salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi program antarunit di lingkungan ANRI dan diharapkan rapat awal ini merupakan pemicu dari tahapan dalam  pelaksanaan kegiatan yang telah digagas. Direktorat Preservasi dengan Pusat SJIKN diharapkan dapat berkolaborasi dalam pelaksanaan untuk tujuan yang sama, yaitu Penyelamatan Arsip Keraton sebagai Warisan Budaya Nusantara. 


Foto : Pusat Sistem dan Jaringan Kearsipan Nasional
Penulis : #tj
Editor : sa

Bagikan

Views: 258