08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Penyiaran: Arsip Media Massa sebagai Memori Kolektif Bangsa dan

Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Penyiaran: Arsip Media Massa sebagai Memori Kolektif Bangsa dan

04

Mar 16

Rapat Koordinasi Penyelamatan Arsip Penyiaran: Arsip Media Massa sebagai Memori Kolektif Bangsa dan

Jakarta, (8/3) Rapat Koordinasi Penelamatan Arsip Penyiaran yang diselenggarakan oleh Direktorat Akuisisi Arsip Nasional RI resmi dibuka oleh Kepala Arsip Nasional RI, Mustari Irawan. Dengan mengangkat tema “Arsip Media Massa sebagai Memori Kolektif Bangsa dan Memori Dunia”. Rakor yang bertujuan untuk menyelamatkan arsip-arsip yang dihasilkan media massa dihadiri oleh insan penyiaran ini mendapat sambutan hangat. Bertempat di ruang Bina Karna, Bidakara Hotel Jakarta Rakor Penyelamatan Asip Penýiaran turut dihadiri pula oleh Duta Arsip, Rieke Dyah Pitaloka.

Dalam sambutannya Mustari Irawan memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Rapat Koordinasi ini. Selain itu Mustari juga menghimbau kepada para insan penyiaran untuk dapat menyerahkan arsip statisnya kepada Arsip Nasional RI agar dapat menjadi memori kolektif bangsa.

Senada dengan Kepala Arsip Nasional RI, Duta Arsip juga menghimbau agar media penyiaran turut memgambil peran dalam penggoresan sejarah bangsa. Karena arsip tidak hanya sebuah rekaman namun melalui arsip, kita dapat mengetahui peradaban sebuah bangsa. Masih dalam kesempatan yang sama, Duta Arsip menyampaikam melihat arsip sebagai sebuah peradaban maka saat ini Duta Arsip juga berjuang agar Arsip Nasional RI yang saat ini berada di Komisi II DPR RI dapat dialihkan ke Komisi X seperti halnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara Rakor berlangsung dengan 2 (dua) sesi dengan menghadirkan Direktur Utama LPP RRI dan Prof.Dr.Ir. Jan Sopalehuwakan, Profesor Peneliti dari LIPI sebagai narasumber.

Rapat Koordinasi menghasilkan rekomendasi dimana salah satunya berbunyi media massa wajib menyerahkan arsip statisnya kepada Arsip Nasional RI. (Ann)


Bagikan

Views: 775