Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Rapat Temu Jaringan SIKN dan JIKN Provinsi Jawa Barat

Rapat Temu Jaringan SIKN dan JIKN Provinsi Jawa Barat

29

Jul 22

Rapat Temu Jaringan SIKN dan JIKN Provinsi Jawa Barat

Bogor - 28/07/22, Pusat Jaringan SIKN baik Pusat maupun Pemerintah Daerah Tingkat I memiliki tugas dan tanggungjawab melakukan koordinasi fungsional dan koordinasi temu jaringan seperti yang dilakukan Simpul Jaringan Provinsi Jawa Barat melalui Rapat Temu Jaringan (RTJ) SIKN dan JIKN pada tanggal 28 Juli 2022 di Bogor Jawa Barat. Hadir dalam RTJ ini yaitu para anggota Simpul Jaringan Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat.

Kegiatan RTJ dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Hening Widiatmoko. Dalam sambutannya Hening mengharapkan partisipasi dan semangatnya dari seluruh jajaran LKD Kabupaten/Kota khususnya pengelola SIKN dalam input data dalam upaya memberikan layanan dan akses masyarakat.

Hadir pula dalam kegiatan ini yaitu Kepala Pusat SJIKN Listianingtyas Murgiwati selaku narasumber terkait dengan kebijakan dan implementasi SIKN dan JIKN yang kemudian dilanjutkan oleh Koordinator Simpul Jaringan Anak Agung Gede Sumardika pada sesi diskusi.

Ada hal yang menarik saat kegiatan RTJ ini yaitu sesi pemaparan pengalaman dan kiat sukses dari Dinas Kabupaten Bogor dalam mengelola SIKN sehingga mendapatkan penghargaan sebagai  Simpul Jaringan Terbaik Nasional tahun 2021. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bogor TB. Luthfi Syam yang langsung menyampaikan pengalamannya kepada para peserta.

Luthfi menegaskan agar kita dapat mengelola SIKN secara baik ada 3 (tiga) hal yang harus kita diperhatikan sebagai pengelola yaitu:

Pertama, Pimpinan (Leadership) harus memiliki jiwa memimpin. Kedua, lakukan akuisisi secara rutin karena sumber dari SIKN itu adalah arsip yang sudah statis yang ada dan dikelola oleh LKD. Ketiga, tetap semangat dalam mengelola SIKN mulai dari proses akuisisi, pengolahan sampai dengan input data.

( #tj )