08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Refleksi Arsip Konferensi Asia Afrika di Masa Kontemporer

Refleksi Arsip Konferensi Asia Afrika di Masa Kontemporer Refleksi Arsip Konferensi Asia Afrika di Masa Kontemporer

18

Apr 23

Refleksi Arsip Konferensi Asia Afrika di Masa Kontemporer

Jakarta - 18/4/2023,  68 tahun yang lalu Konferensi Asia-Afrika (KAA) dilaksanakan. Konferensi perdamaian dunia ini berlangsung selama 8 (delapan) hari pada 18 s.d. 25 April 1955.  Diawali dari Konferensi Colombo pada 28 April 1954, Indonesia melontarkan gagasan mengenai pertemuan negara-negara Asia-Afrika. Latar belakang diadakannya konferensi ini adalah kesamaan nasib negara-negara di Asia-Afrika pasca-Perang Dunia II. Negara-negara berkembang yang melihat suasana tersebut terdorong untuk mencari jalan keluar membantu meredakan ketegangan dan menciptakan perdamaian dunia. 

Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Ketua Komite Memory of the World Indonesia menyelenggarakan acara “Bincang Arsip: Memperingati 68 Tahun Konferensi Asia-Afrika, Relevansi Pidato Sukarno dan Bandung Spirit dalam Konstelasi Geopolitik Kontemporer” pada Selasa, 18 April 2023. Acara yang  ditayangkan secara langsung melalui Youtube Arsip Nasional RI ini, diisi oleh Duta Arsip, Rieke Diah Pitaloka dan Pakar Hubungan Internasional, Hikmahanto Yuwono, serta dipandu oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto.

"Bincang Arsip hari ini membicarakan konstelasi geopolitik saat konferensi Colombo dan Bogor yang merupakan cikal bakal dari KAA. Nilai-nilai yang terkandung dalam KAA berwujud Bandung Spirit tentang perdamaian dunia harus senantiasa dibangkitkan kembali," ucap Rieke Diah Pitaloka dalam pidatonya. Selain itu, disampaikan bahwa refleksi KAA di masa sekarang juga masih bisa dirasakan, terkait  bagaimana pentingnya menjaga perdamaian  di tengah perang Ukraina dan Rusia, serta ketegangan Amerika dan Cina.

Sebagai informasi, arsip mengenai penyelenggaraan KAA tahun 1955 telah ditetapkan sebagai Memory of the World  oleh UNESCO pada tahun 2015. Arsip KAA yang disimpan di ANRI bukan saja menjadi bukti peristiwa besar bangsa, namun juga peristiwa besar yang diakui oleh dunia sebagai warisan dokumenter dunia.

( Ben )


Penulis : Ben
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 16465