08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA)

SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA) SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA) SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA) SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA) SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA)

29

Jul 21

SARBICA Extraordinary Meeting on ASEAN Pandemic Response Archives (APARA)

Jakarta - 29/07/21, Delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto menghadiri Pertemuan Luar Biasa (Extraordinary Meeting) yang diselenggarakan Southeast Asian Branch of International Council on Archives (SARBICA) pada 29 Juli 2021 dalam forum virtual. Pertemuan ini dihadiri pimpinan dan perwakilan dari 10 negara ASEAN yang dipimpin Chairman SARBICA, Vitorino Manalo dari Filipina serta dipandu oleh Sekretaris Jenderal SARBICA, Hapiza Osman. Pada rapat ini tiap negara menyampaikan laporan tentang program pelestarian arsip penanganan pandemi COVID-19 yang telah dan sedang dilakukan oleh Arsip Nasional negara tersebut.

Dalam kesempatan ini Imam Gunarto menyampaikan presentasi tentang penyelenggaraan program penyelamatan arsip penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Paparan materi yang disampaikan mulai dari penyusunan dan kebijakan melalui Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan COVID-19 dalam mendukung Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, akuisisi arsip penanganan COVID-19 di berbagai pencipta arsip, serta wawancara sejarah lisan terhadap tokoh yang memilki keterlibatan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, ANRI juga melakukan riset dan identifikasi arsip tentang sejarah pandemi yang terjadi di Indonesia yang terdapat pada khazanah ANRI dan lembaga lainnya. Dalam rangka menyebarluaskan arsip sebagai sumber pengetahuan kepada masyarakat, ANRI juga berencana membangun Pusat Studi Arsip COVID-19 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Selain membahas tentang prgram APARA, pertemuan ini pun membahas laporan perkembangan tentang persiapan Pertemuan Dewan Executif, Sidang Umum dan Seminar Internasional SARBICA yang akan dilaksanakan pada November 2021. Pada kegiatan tersebut, Indonesia akan berperan sebagai tuan rumah. Pada kesempatan yang sama juga turut membahas persiapan workshop APARA pada Oktober 2021 yang diselenggarakan oleh Filipina bekerja sama dengan ASEAN-COCI.

 (KERMA)

 

( KERMA ANRI )


Penulis : (Kerma)
Editor : tk

Bagikan

Views: 1203