Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI
SARBICA Gelar Executive Board Meeting SARBICA Gelar Executive Board Meeting SARBICA Gelar Executive Board Meeting SARBICA Gelar Executive Board Meeting

24

Nov 21

SARBICA Gelar Executive Board Meeting

Southeast Asia Regional Branch of International Council on Archives (SARBICA) menyelenggarakan 23rd Executive Board Meeting (EBM) dan 22nd General Conference SARBICA secara virtual, 24 November 2021. 

Executive Board Meeting ini merupakan pertemuan tahunan pimpinan lembaga kearsipan di Asia Tenggara yang membahas perkembangan kearsipan di wilayah regional sekaligus program-program kearsipan yang diselenggarakan oleh SARBICA termasuk keanggotaan. 

Sementara itu, General Conference adalah forum yang menentukan kebijakan dan prosedur operasional kegiatan SARBICA. General Conference SARBICA ini juga menentukan keputusan tekait program-program yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif. 

Sidang Umum (General Conference) ke-22 dan Pertemuan Dewan Eksekutif (Executive Board Meeting) ke-23 SARBICA 2021 telah menghasilkan beberapa keputusan seperti terpilihnya dewan pengurus SARBICA periode 2021-2023 dan tuan rumah penyelenggara Pertemuan Dewan Eksekutif SARBICA 2022. Pertemuan tersebut juga mendiskusikan isu-isu penting seperti pendaftaran arsip-arsip negara yang tergabung dalam SARBICA sebagai Memory of the World, pendampingan teknis mengenai kebijakan dan prosedur penyusutan arsip untuk beberapa negara anggota, serta kelanjutan program APARA (ASEAN Pandemic Response Archives Initiative). 

Julia Chee, Direktur Arsip Nasional Singapura, terpilih sebagai Ketua SARBICA Periode 2021-2023. Arsip Nasional Singapura juga terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara Pertemuan Dewan Eksekutif SARBICA 2022. 

Indonesia akan menyelenggarakan Seminar Internasional SARBICA tentang bencana pada tahun 2022 di Aceh. Seminar ini akan menghadirkan berbagai pembicara di bidang kebencanaan, kearsipan, dan berbagai bidang keahlian terkait lainnya. Oleh karena itu, Indonesia dengan hormat mengundang semua negara anggota SARBICA untuk bergabung dan hadir di Aceh pada tahun depan dengan harapan pandemi COVID-19 sudah berakhir.

Adapun peserta 23rd Executive Board Meeting dan 22nd General Conference SARBICA terdiri dari :

1) Chairman SARBICA, Kepala Arsip Nasional Filipina

2) Vice Chairman SARBICA, Kepala Arsip Nasional Myanmar

3) Secretary General SARBICA, Hapiza Osman 

4) Treasurer SARBICA, Amy Ngau 

5) Executive Board/Dewan Eksekutif

a) Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia

b) Kepala Arsip Nasional Malaysia 

c) Kepala Arsip Nasional Singapura

d) Kepala Arsip Nasional Thailand

e) Kepala Arsip Nasional Vietnam

f) Kepala Arsip Nasional Brunei Darussalam

g) Kepala Arsip Nasional Kamboja

h) Kepala Arsip Nasional Laos

6) Anggota Delegasi/Pejabat Tinggi Pendamping Kepala Arsip 

Nasional se-Asia Tenggara 

7) Liaison Officers Arsip Nasional Anggota SARBICA

8) Anggota SARBICA Kategori B, C dan D