Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan

Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan

18

Nov 22

Satgas Kampung LARASKA di Larangan Resmi Dikukuhkan

Kota Tangerang - 17/11/22, Kamis pagi hujan mengguyur sebagian besar wilayah Kota Tangerang. Akan tetapi guyuran hujan sedari pagi tidak menyurutkan niat Satuan Tugas (Satgas) Kampung Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA) Kota Tangerang untuk mengikuti bimbingan teknis perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga. Bertempat di Aula Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, sebanyak 50 orang Satgas Kampung Laraska dikukuhkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi A yang juga dihadiri Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar.

Pada sambutannya, Kandar menyampaikan apresiasi atas keberpihakan Pemerintah Kota Tangerang pada program LARASKA. Melalui program tersebut, pemerintah dapat berkontribusi dalam melindungi hak keperdataan masyarakat dari dampak bencana. Pembentukan Satgas Kampung Laraska menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Tangerang pada isu pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga. 

Salah satu peserta pelatihan Satgas Kampung LARASKA mengatakan bahwa melalui pelatihan perlindungan dan penyelamatan arsip keluarga, peserta mampu melakukan langkah langkah yang diperlukan dalam upaya melindungi arsip vital keluarganya. Selain itu dengan dikukuhkannya Satgas Kampung LARASKA, petugas juga percaya diri untuk menyampaikan materi yang telah diperolehnya kepada tetangga dan kerabat. Dengan penuh semangat, perwakilan peserta menjelaskan bagaimana cara melakukan identifikasi atas arsip vital keluarga, pemilahan, pendataan, pengalihmediaan, hingga penyimpanan arsip keluarga. Semua mampu dijelaskannya dengan teratur dan runtut. Termasuk cara mengenkapsulasi arsip arsip milik keluarganya agar awet dan aman dari serangan hama. 

Melalui program LARASKA, ANRI berkomitmen untuk menyelamatkan arsip vital milik masyarakat dari dampak bencana. Selain itu untuk menyebarluaskan pemahaman terhadap pentingnya perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga, ANRI akan terus bersinergi dengan Lembaga Kearsipan Daerah dengan menyelenggarakan bimbingan teknis mengenai isu tersebut. 

ST