08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Satukan Langkah dan Semangat Konservasi Arsip yang Melayani

Satukan Langkah dan  Semangat Konservasi Arsip yang Melayani Satukan Langkah dan  Semangat Konservasi Arsip yang Melayani Satukan Langkah dan  Semangat Konservasi Arsip yang Melayani Satukan Langkah dan  Semangat Konservasi Arsip yang Melayani

23

Oct 22

Satukan Langkah dan Semangat Konservasi Arsip yang Melayani

Sukabumi, Jawa Barat (12-14/10) - Pada era Revolusi Industri 4.0, segala sektor kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara tidak luput dari teknologi informasi digital yang sangat berdampak di bidang kearsipan. Salah satu sumber informasi yang memiliki arti strategis bagi kehidupan manusia adalah arsip. Arsip menjadi landasan penting dalam merumuskan kebijakan dengan cepat serta menjadikan khazanah arsip statis harus disajikan secara menarik sehingga memunculkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda terhadap budaya bangsa dan negara. Berdasarkan hal itulah arahan dari Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar untuk menyelenggarakan rapat dalam rangka koordinasi antar direktorat di lingkungan Kedeputian Konservasi untuk menyatukan langkah dan semangat konservasi arsip yang melayani di Hotel Horison, Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2022.

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh kurang lebih 100 orang peserta dari beberapa direktorat diantaranya para staf arsiparis, para koordinator kelompok substansi dan para direktur di lingkungan kedeputian konservasi yang memaparkan capaian kegiatan yang diperoleh serta menerangkan rencana kegiatan pada triwulan ke-4 mendatang selama tiga hari  dengan diakhiri oleh penyampaian arahan, diskusi serta  solusi yang diberikan oleh Kandar. Presentasi pada hari pertama diawali oleh Direktur Akuisisi, Wawan yang memaparkan rencana kegiatan yaitu penyelenggaraan Rakor Penyelamatan Arsip Statis pada tanggal 22 November 2022.

 Presentasi kemudian dilanjutkan pada hari kedua oleh Wiwi Diana Sari selaku Direktur Pengolahan yang memaparkan capaian kegiatan bahwa Arsip yang telah diolah sudah mencapai 25.653 arsip (dari total target 33.088), Capaian realisasi fisik penyusunan 14 finding aids (13 kegiatan non PN dan 1 kegiatan PN) sebesar 69,00%. Adapun dalam presentasi tersebut Ibu Direktur menjelaskan mengenai Penyusunan rekomendasi Tim Terpadu dalam rangka arsip hasil akuisisi langsung  yang dapat diakses. Pada hari yang sama juga, Deputi bidang Konservasi Arsip beserta para direktur di lingkungan kedeputian konservasi arsip juga bersilaturahmi dan makan malam bersama dengan Walikota Sukabumi Achmad Fachmi di kediaman kantor walikota Sukabumi.  Dalam kunjungan silaturahmi tersebut kedua belah pihak membahas seputar pentingnya pengelolaan arsip statis di Bidang Akuisisi, Pengolahan, Preservasi, Serta Layanan bagi Lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota Sukabumi dan mensosialisakan program Layanan Restorasi Arsip Keluarga (LARASKA). Melalui LARASKA, ANRI dapat berkonstribusi dalam melindungi hak keperdataan masyarakat yang terkena dampak bencana dari kemungkinan rusak atau musnahnya arsip masyarakat dan Pemanfaatan Arsip Statis.

Pada hari ketiga, dilanjutkan presentasi oleh Agus Santoso selaku Direktur Preservasi yang menerangkan mengenai proses bisnis transformasi digital di Direktorat Preservasi. Dijelaskan oleh Direktur Preservasi bahwa keamanan merupakan hal utama pada inovasi kearsipan, karena inovasi adalah kunci kemajuan terhadap adaptasi teknologi digital yang harus segera dilakukan. Hal tersebut diharapkan dapat menciptakan layanan arsip yang cepat dan nyaman. Adapun realisasi kegiatan fisik sudah mencapai 70,32 % (516.616 lembar arsip yang dipreservasi dari target 734.636 lembar arsip) dan realisasi anggaran sudah mencapai 64 %.  Pada hari yang sama juga, Multi Siswati selaku Direktur Layanan dan Pemanfaatan mempresentasikan rencana kegiatan pada unit layanan baca yaitu membuat Visualisasi Penelusuran Arsip Kolonial dan Penggunaan Sarana Bantu dan Bahan Pustaka serta Uji Aksesibilitas Naskah Arsip Tertutup. Pada unit Pemanfaatan yaitu menyelenggarakan Pameran Virtual Arsip Hari Ini dan rencana Penyelenggaraan Pameran Wawasan Kebangsaan Hari Kearsipan ke-52. Pada unit Memori Kolektif Bangsa dan Memory Of The World (MKB dan MOW) dengan melaksanakan kegiatan Pengumpulan image/ footage dalam rangka pembuatan film tutorial Penominasian Arsip sebagai  MKB, Penetapan Keputusan Kepala ANRI mengenai Pedoman dan Penilaian Arsip MKB serta Persiapan penominasian arsip Pendirian ASEAN, Arsip Gender, Arsip Jalur Rempah, Konferensi Bandung. Pada unit Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi dengan melaksanakan Seminar, dan Diskusi Publik pemberantasan korupsi dan hari kearsipan tema korupsi , Penguatan dan Perluasan Jejaring Pusat Studi Pemberantasan Korupsi ke Lembaga Penegak Hukum & Pusat Studi Perguruan Tinggi (KPK, Universitas Riau, Universitas Tanjungpura,-Pontianak, Universitas Hassanudin Makasar, Perpustakaan Nasional, Ombudsman RI) serta Pemutakhiran Database Arsip Pemberantasan Korupsi di Website ANRI.  

Dalam arahan, diskusi dan  solusi yang diberikan oleh Deputi Konservasi Arsip kepada para peserta rapat menerangkan bahwa setidaknya ada tiga unsur atau hal penting dalam penyelenggaraan dan pengelolaan kearsipan, yakni Sumber daya manusia (SDM), Perangkat (Tools) dan Ruangan (Storage). Dalam era globalisasi, sebagai suatu instansi pemerintah yang melayani masyarakat, Kedeputian Konservasi ANRI juga dituntut mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan perkembangan-perkembangan yang terjadi serta terus melakukan perubahan-perubahan. Dalam hal layanan arsip yang berbasis digital diharapkan untuk dilakukan secara bertahap, serius dan matang dengan memperhatikan hal-hal  untuk mempermudah akses terhadap arsip. Rencana jangka panjang adalah sarana penyimpanan data (storage), serta Pemeliharaan/ preservasi arsip dalam menjaga keamanan, keselamatan & keutuhan arsip yang dialihmediakan. Inovasi kearsipan tidak semata ditujukan untuk pengelolaan arsip statis pemerintahan, akan tetapi juga untuk tema-tema publik seperti yang dilakukan negara-negara luar dengan menyediakan portal yang berisikan konten dengan tema-tema yang familiar bagi publik melalui layanan akses arsip yang nyaman. Selain itu, pengembangan layanan arsip statis yang bersinergi sesuai kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan mengupgrade aplikasi yang sudah ada. Hal tersebut bertujuan agar pelayanan arsip statis nantinya akan menghasilkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat. (ADF)


Penulis : ADF

Bagikan

Views: 1179