08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat

Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat

09

Aug 23

Satukan Misi Penyelamatan Arsip, ANRI Gandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat

Padang - 9/8/2023, Melanjutkan kegiatan Sosialisasi Penyelamatan Arsip dari Dampak Bencana, Deputi Bidang Konservasi Arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar berdiskusi dengan arsiparis di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Diskusi tersebut dipandu oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Jumaidi.

Dalam arahannya, Kandar menyampaikan bahwa wilayah Sumatera Barat memiliki beragam potensi kearsipan yang dapat dikembangkan menjadi isu nasional. Semisal arsip terkait dengan Pemerintah Darurat Republik Indonesia, M. Yamin, Chatib Sulaiman, maupun tokoh pergerakan lainnya.

Arsiparis di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat merasa senang karena dapat berdiskusi secara langsung dengan Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI terkait dengan program pencarian arsip, penyusunan sarana bantu temu balik arsip (finding aid), hingga program konservasi arsip mulai dari preservasi secara preventif hingga kuratif.

Setelah kegiatan diskusi dilakukan, arsiparis di lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota yang ada dibawah pengawasan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, direkomendasikan kegiatan magang di ANRI mengenai fungsi pengelolaan arsip statis dan pelestariannya.

( SS )


Penulis : SS
Editor : sa

Bagikan

Views: 597