Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

SDM Kearsipan Berperan Penting pada Pengelola Arsip Elektronik

SDM Kearsipan Berperan Penting pada Pengelola Arsip Elektronik

19

May 20

SDM Kearsipan Berperan Penting pada Pengelola Arsip Elektronik

Jakarta –  Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin cepat menuntut instansi pemerintah untuk bersiap diri bertransformasi pada cara kerja digital. Menurut Direktur Aparatur Negara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Tatang Muttaqin pada Web seminar (Webinar) bertajuk ”Arsip Autentik untuk Indonesia" (18/5), tren kearsipan ke depannya pun harus dikelola secara elektronik atau digital. Apalagi arsip merupakan bukti faktual dalam tata kelola pemerintahan dan setelah menjadi arsip statis dapat menjadi bagian dari jati diri dan memori kolektif bangsa.

“Penerapan arsip elektronik atau e-arsip sudah mulai banyak dilirik kementerian/lembaga. Nyatanya ini memang sangat diperlukan, karena selain mampu menyediakan data yang terintegrasi dan cepat, juga dapat meminimalisir penggunaan kertas. Bahkan, Bappenas sendiri saat ini tengah merasakan urgensi penerapan e-arsip, sehingga selain menyiapkan infrastruktur juga menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kearsipan melalui pengadaan formasi arsiparis yang lebih banyak pada saat rekrutmen pegawai,” papar Tatang.

Tatang menjelaskan bahwa dari perspektif tata kelola pemerintahan ada beberapa hal yang ditekankan berkenaan dengan kearsipan, yakni bagaimana menciptakan SDM kearsipan yang responsif terhadap perkembangan tren, pelaksanaan transformasi digital, kemampuan penyajian data yang solid dan berkesinambungan, dan pengembangan infrastruktur kearsipan. Pada kesempatan ini, Tatang juga kembali mengungkapkan peran besar SDM kearsipan dalam program penyelenggaraan kearsipan nasional dalam mendukung pemulihan pandemi COVID-19. Hal ini melingkupi penerapan aplikasi e-arsip sebagai bagian dari implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan big data, serta pelaksanaan pengawasan kearsipan secara daring (online).

( tk )