08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sekelumit Indonesia di Museum Volkenkunde, Belanda

Sekelumit Indonesia di Museum Volkenkunde, Belanda Sekelumit Indonesia di Museum Volkenkunde, Belanda

14

Mar 23

Sekelumit Indonesia di Museum Volkenkunde, Belanda

Leiden - 14/03/23, Selain melaksanakan penandatanganan executive program antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Universitas Leiden, delegasi ANRI juga mengunjungi Museum Volkenkunde yang memiliki koleksi cukup banyak tentang Indonesia. Pada kunjungan ini, delegasi ANRI didampingi salah satu perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda dan dipandu Kurator Koleksi Asia Tenggara, Pim Westerkamp dan Marjolein. 

Pada kesempatan ini kurator menjelaskan tentang organisasi Museum Volkenkunde yang saat ini tergabung dalam Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen. Sebagai salah satu dinamika organisasi, semua museum dan organisasi yang tergabung dalam Stichting Nationaal Museum van Wereldculturen akan mengalami perubahan nomenklatur dalam waktu dekat. 

Koleksi tentang Indonesia yang tersimpan dalam museum ini antara lain patung batu periode Kerajaan Singasari, keris-keris dari kerajaan-kerajaan di nusantara, boneka atau wayang dari berbagai residensi periode Hindia Belanda, dan perhiasan-perhiasan emas yang sebagian besar dari wilayah Bali dan Lombok. Kurator juga menjelaskan bahwa perwakilan dari Museum Nasional RI akan berkunjung di tahun ini untuk membahas rencana repatriasi patung-patung periode Kerajaan Singasari. 

Museum Volkenkunde juga berencana untuk memberikan perspektif baru tentang koleksi Indonesia yang selama ini dipahami secara tradisional (Indonesia hanya tercermin dari benda-benda budaya) dengan menunjukkan sisi lain Indonesia seperti kehidupan wilayah urban.

( NFD )


Penulis : NFD
Editor : tk

Bagikan

Views: 1014