08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI

Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI

18

Jul 23

Sekjen Kemendagri Beserta Jajaran Kunjungi ANRI

Jakarta - 18/07/23 - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro beserta jajaran melaksanakan rapat koordinasi implementasi aplikasi SRIKANDI dan kunjungan Kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kunjungannya ini diterima Pelaksana Harian Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Pimpinan Tinggi Madya ANRI di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, Gedung C, lantai 2 ANRI.

Menurut Suhajar, kunjungan kerja ke ANRI ini menjadi wujud keseriusannya untuk menangani pengelolaan arsip di Kemendagri, termasuk juga implementasi SRIKANDI. Dapat diadaptasi ketersediaan sarana dan prasarana di ANRI untuk disesuaikan dengan kebutuhan di Kemendagri, termasuk disiapkan pada aspek penganggaran. Ini tak lain agar arsip Kemendagri terkelola dengan baik dan dapat dimanfaatkan pada masa mendatang. “Pengelolaan arsip yang benar dan baik adalah cermin peradaban. Karena peradaban sebuah bangs aitu terbasa dari generasi ke genarsi apabila peradaban itu diarsipkan dengan baik. Arsip dengan peradaban satu kesatuan yang kuat,” terang Suhajar.

Ditambahkan olehnya, luasnya Indonesia dan banyaknya jumlah pemerintah daerah di Indonesia, maka diperlukan kolaborasi antara ANRI dengan Kemendagri untuk menyamakan persepsi dalam hal pengelolaan arsip. Pada kesempatan ini, Suhajar juga mengingatkan pentingnya mitigasi bencana dalam hal pengelolaan arsip, sehingga arsip penting dapat terselamatkan ketika terjadi bencana.

Selain melaksanakan koordinasi, para pimpinan tinggi pratama yang turut serta pada kunjungan ini juga mengunjungi Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa dan depot penyimpanan arsip.

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 763