08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip

Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip

09

Sep 20

Selamatkan Arsip Terdampak Bencana melalui Restorasi Arsip

Jakarta - 09/09/20, Diskusi Online Preservasi Arsip: Melestarikan Arsip untuk Kemaslahatan Bangsa kembali digelar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Diskusi online seri keempat kali ini mengangkat tema Restorasi Arsip Terdampak Bencana dan digelar melalui Zoom Meeting serta ditayangkan secara langsung melalui Youtube Arsip Nasional RI.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti diskusi online  melebihi dari 2.400 peserta. Pemateri pada sesi diskusi adalah Arsiparis Madya sekaligus sebagai Koordinator Kelompok Restorasi Arsip, A.A Gede Sumardika yang menyampaikan materi Perlindungan dan Penyelamatan Arsip dari Dampak Bencana, serta Tim Restorasi Arsip ANRI.

Dalam pemaparannya, A.A Gede Sumardika menyampaikan bahwa terdapat mekanisme dalam penyelamatan arsip dari bencana, di antaranya sebagai berikut:

1.       Evakuasi arsip dengan memerhatikan keamanan dan keselamatan arsip atau dokumen tersebut;

2.       Membersihkan arsip dari kotoran/lumpur dengan air bersih atau air hangat;

3.   Membersihkan arsip dengan etanol/alkohol untuk mengindari tumbuhnya jamur atau membunuh bakteri;

4.  Memisahkan/mengurai lembaran arsip dari kelengketan. Teknik mengurai ini bisa dilakukan pada lembar arsip yang tebal terlebih dahulu;

5.    Pengeringan secara alami dengan kipas angin. Perlu diperhatikan bahwa pengeringan tidak boleh dijemur atau terkena sinar matahari langsung;

6.       Melakukan perbaikan atau restorasi arsip jika ada arsip yang perlu diperbaiki.

Dampak dari bencana tidak hanya berpengaruh terhadap kerusakan infrastruktur, namun juga berdampak pada arsip milik instansi atau perusahaan hingga arsip keluarga. Oleh karena itu, pengetahuan tentang restorasi arsip perlu diketahui oleh masyarakat.

Selain mendapatkan materi, peserta juga dapat langsung melihat secara virtual  tata cara yang dikerjakan secara langsung oleh Tim Restorasi di Ruang Restorasi Arsip ANRI, terkait tahapan penyelematan arsip akibat bencana. Menjelang akhir acara, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Konservasi ANRI, Multi Siswati berharap, setelah kegiatan webinar ini peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan.

Adapun materi kegiatan dapat peserta unduh melalui tautan https://anri.go.id/publikasi/materi-kegiatan. Masyarakat yang ingin melakukan konsultasi teknis tentang restorasi arsip dapat menghubungi 021-7805851 ext. 406 dan 704 atau [email protected].

( SA )


Penulis : SA
Editor : Tk

Bagikan

Views: 1790