08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Seminar Internasional Panorama 70 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Meksiko

Seminar Internasional Panorama 70 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Meksiko Seminar Internasional Panorama 70 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Meksiko

24

Aug 23

Seminar Internasional Panorama 70 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Meksiko

Jakarta (24/8/2023) - Dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Meksiko, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Seminar Internasional dan Pameran Arsip dengan tema Panorama 70 Tahun Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia - Meksiko di Gedung ANRI, Jalan Gajah Mada, Jakarta Barat. Pameran arsip diresmikan langsung oleh Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Armando Gonzalo Alvarez dan Plh. Kepala ANRI, Imam Gunarto, serta pada seminar internasional menghadirkan Duta Besar RI untuk Meksiko, Cheppy T. Wartono, serta Pakar Militer dan Pertahanan, Connie Rahakundini Bakrie.

Plh. Kepala ANRI, Imam Gunarto dalam sambutannya menyampaikan, acara pameran dan seminar menjadi wujud nyata bahwa kearsipan dapat berperan dalam hubungan diplomasi.

Duta Besar Meksiko untuk Indonesia, Armando Gonzalo Alvarez yang juga menjadi narasumber pada sambutannya menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, semangat kolaborasi Indonesia dan Meksiko semakin tercermin selama puncak pandemi COVID-19 pada tahun 2020, serta selama masa kepresidenan Indonesia di G20 pada tahun 2022 yang tema-tema prioritasnya sangat didukung oleh Meksiko. Selain itu, dengan bantuan Indonesia, Meksiko diundang untuk menandatangani Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN.

Seminar yang dilaksanakan secara luring dan ditayangkan secara daring melalui Youtube Arsip Nasional RI ini bertujuan untuk menjadi wadah diskusi di kalangan akademisi dan masyarakat mengenai sejarah hubungan diplomatik Indonesia dan Meksiko. Diskusi ini diawali dengan memahami peran Presiden pertama Indonesia Ir. Sukarno dan interaksinya dengan Presiden Meksiko saat itu, Adolfo Lopez Mateos.

Seminar ini diharapkan akan merefleksikan kemajuan yang telah didorong oleh kedua negara dalam memperkuat hubungan bilateral selama 7 (tujuh) dekade terakhir. Selain itu, juga diharapkan dapat memberikan wawasan terkait aspek budaya dan sosial dari hubungan yang setara antara Indonesia dan Meksiko. (sa)

( sa )


Penulis : sa
Editor : tk

Bagikan

Views: 460