08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Seminar Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Seminar Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Seminar Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Seminar Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

20

Mar 23

Seminar Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Jakarta - 20/03/23, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan seminar “Penulisan Surat dan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar” yang diikuti pegawai ANRI secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Turut hadir sebagai narasumber, Penyuluh Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Setyo Untoro. Seminar diselenggarakan setelah pelaksanaan apel pagi dan dibuka Sekretaris Utama, Rini Agustiani.

Menurut Rini, bahasa merupakan sarana komunikasi yang penting bagi kehidupan karena dapat menyatakan informasi salah satunya untuk kedinasan yang berupa surat. “Surat merupakan sarana komunikasi untuk menuju kerja yang harmonis. Ketika komunikasi kerja yang harmonis, diharapkan organisasi dapat mencapai tujuannya dengan baik,” ujar Rini.

Pada penjelasannya, Setyo Untoro menyampaikan bahwa ada berbagai macam naskah yang dapat ditulis dengan baik dan benar. Namun pada seminar kali ini, Setyo memberi fokus pada penulisan surat, khususnya penulisan surat naskah dinas. Naskah dinas ialah surat yang mewakili suatu instansi, mencerminkan keresmian dan bukan merupakan surat pribadi, maka dalam penulisannya terdapat aturan-aturan yang harus diperhatikan. Peraturan-peraturan terkait tata naskah dinas di lingkungan ANRI dapat merujuk pada Peraturan ANRI Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas.

Selain adanya peraturan, Setyo juga menjelaskan terdapat kaidah bahasa yang meliputi tata tulis (ejaan), tata bentuk dan pilihan kata, tata kalimat dan tata paragraf. Hanya, dalam penulisan naskah dinas yang harus lebih diperhatikan ialah pemilihan kata dan tanda baca yang tepat serta bagian surat juga harus dicakupi secara urut. Hal-hal lainnya seperti imbuhan dan penggunaan kata asing juga harus diperhatikan.

Pada kesempatan yang sama, Penyuluh Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Riza S juga melakukan praktik mengenai pembuatan surat naskah dinas yang baik dan benar berdasarkan peraturan dan kaidah bahasa yang berlaku. Dengan adanya seminar ini, diharapkan dapat membantu pengembangan kompetensi bagi pegawai di lingkungan ANRI, untuk memahami penulisan surat dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar khususnya dalam penulisan naskah dinas. 

( RA/ALY )


Penulis : RA/ALYA
Editor : tk

Bagikan

Views: 1183