Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI

Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI

08

Feb 21

Serah Terima Arsip Statis dan Salinan Autentik Arsip Terjaga LAPAN kepada ANRI

Jakarta (8/2/2021) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaksanakan serah terima arsip statis dan salinan autentik arsip terjaga secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Arsip statis yang diserahkan LAPAN kepada ANRI adalah arsip statis tentang Penelitian dan Pengembangan Matahari yaitu berupa arsip tekstual mengenai data sunspot atau bintik matahari sebanyak 24 boks dan arsip media baru berupa hasil kajian matahari sebanyak 1 keping Compact Disk (CD). Sedangkan salinan autentik arsip terjaga yang diserahkan ke ANRI berupa arsip media baru sebanyak 1 keping CD yang berisi hak paten dan desain industri serta peta pulau terluar.

 

Dalam sambutannya, Kepala LAPAN Prof. Thomas Djamaluddin menyampaikan bahwa LAPAN telah menyerahkan arsip statis kepada ANRI sebanyak 13 kali sejak tahun 2014 sampai dengan saat ini. LAPAN juga sudah memperoleh nilai pengawasan kearsipan ANRI dengan kategori sangat baik. “LAPAN juga sudah membangun gedung penyimpanan arsip sebagai wujud perhatian akan pentingnya arsip. Hasil pengembangan LAPAN akan terus dijaga dengan baik karena kearsipan menjadi hal yang penting dalam pengembangan dan kemajuan teknologi,” jelas Thomas.

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, M. Taufik menyampaikan penghargaan yang luar biasa dan apresiasi atas perhatian dan komitmen LAPAN tentang kearsipan. “Arsip adalah aset lembaga dan negara. Oleh karenanya, arsip harus diolah sebagai informasi dan menjadi sebuah rujukan catatan sejarah masa lalu kini dan mendatang,” terang M. Taufik. Dalam kesempatan ini Plt. Kepala ANRI juga menyampaikan bahwa jumlah arsiparis di LAPAN masih perlu ditambah lagi.

 

Pada kegiatan penyerahan arsip statis ini didahului dengan penandatanganan dua berita acara, yaitu berita acara serah terima arsip statis dan berita acara serah terima salinan autentik arsip terjaga yang ditandatangani oleh Kepala LAPAN dan Plt Kepala ANRI. Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan arsip statis secara simbolis. Turut hadir pula Pejabat Eselon I dan II di lingkungan LAPAN serta Direktur Akusisi ANRI, Rudi Anton. Dalam rangkaian acara ini pun dilaksanakan ekspose yang diikuti sebanyak 144 peserta dengan narasumber Kepala Pusat Sains Antariksa, Clara Yono Yatini yang menyampaikan paparan tentang pengamatan dan penelitian matahari. Adapun Direktur Akuisisi Rudi Anton menyampaikan materi tentang strategi penyelematan arsip negara secara sistemik dan terkendali di lingkungan LAPAN.

 

( KE )