08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sestama ANRI Harapkan Sharing Knowledge Lahirkan Ide dan Inovasi

Sestama ANRI Harapkan Sharing Knowledge Lahirkan Ide dan Inovasi

27

Jan 20

Sestama ANRI Harapkan Sharing Knowledge Lahirkan Ide dan Inovasi

Jakarta (27/1) - Sekretaris Utama (Sestama) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Sumrahyadi berharap sumber daya manusia (SDM) kearsipan, khususnya arsiparis di lingkungan ANRI mampu menyampaikan ide ataupun inovasi untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan kearsipan nasional. Hal itu disampaikan Sumrahyadi saat menyampaikan arahan dan membuka acara sharing knowledge sesi II di Ruang Serba Guna Noerhadi Magetsari.

Ditambahkan Sumrahyadi, ide atau inovasi tersebut bisa saja lahir setelah para peserta memperoleh pengetahuan dan informasi baru yang disampaikan perwakilan pegawai yang telah melaksanakan perjalanan dinas luar negeri, di mana informasinya disampaikan melalui sharing knowledge ini.

"Adanya inovasi ini pun diharapkan dapat memicu lembaga kearsipan daerah untuk juga melakukan inovasi. Saya juga berharap agar para arsiparis dapat mengikuti call for paper dalam berbagai event internasional yang bisa saja di dalamnya membahas hal-hal yang telah ANRI lakukan yang tidak kalah bagus dengan negara lain," tambah Sumrahyadi.

Pada sharing knowledge sesi II kali ini menampilkan 9 presenter yang telah mengikuti kegiatan di 8 negara dan dihadiri peserta sejumlah 70 orang yang terdiri dari arsiparis utama, madya dan widyaiswara madya. Sharing knowledge sesi II menampilkan pembahasan tentang kegiatan penandatangan Memory of Understanding di Afrika Selatan, konsultasi kebijakan penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria pengelolaan arsip elektronik di Vietnam, hasil pertemuan konferensi SEAPAVAA 2019 di Kaledonia Baru, hasil pertemuan tahunan ICA di Australia, executive board meeting ke-22 SARBICA di Singapura, benchmarking records center Arsip Nasional Singapura, capacity building for document heritage preservation and management di Seongnam Korea Selatan, short course winter school National Archives of the Netherlands di Belanda dan training wawancara sejarah lisan di Malaysia.

Lebih lanjut Kepala Biro Organisasi, Kepegawaian dan Hukum Rini Agustini menyampaikan bahwa sharing knowledge juga menjadi bagian pengembangan profesi bagi para pegawai, berbagi pengetahuan agar nilai-nilai positif dapat diterapkan di ANRI. Sharing knowledge ini selanjutnya akan menjadi program rutin tahunan agar para pegawai di lingkungan ANRI.

( tk/ns )


Penulis : tk/ns

Bagikan

Views: 695