08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SESTAMA ANRI PAPARKAN PPID ANRI PADA MONEV KIP 2019

SESTAMA ANRI PAPARKAN PPID ANRI PADA MONEV KIP 2019

16

Oct 19

SESTAMA ANRI PAPARKAN PPID ANRI PADA MONEV KIP 2019

Jakarta (16/10) – Sekretaris Utama Arsip Nasional RI, Drs. Sumrahyadi, MIMS menghadiri Undangan Presentasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2019 di Hotel Mercure Jakarta Batavia. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Utama menyampaikan paparan mengenai perkembangan layanan informasi publik di lingkungan Arsip Nasional RI beserta upaya inovasi yang diterapkan. 
 
Dalam paparannya, Sekretaris Utama menyampaikan bahwa Arsip Nasional RI sebagai lembaga kearsipan nasional merupakan instansi pemerintah yang memiliki karakteristik selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, sehingga dalam implementasinya secara kultural sudah terbiasa untuk menyajikan informasi kepada publik.
 
Selanjutnya, Sekretaris Utama juga menyampaikan bahwa Arsip Nasional RI sedang menjalankan dan mengembangkan Sistem dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional yaitu sebuah sistem informasi yang berkolaborasi dengan peran K/L/D/PTN sebagai simpul untuk menghimpun informasi Arsip Dinamis dan Arsip Statis yang dapat disajikan kepada masyarakat secara online. Bertindak sebagai panelis dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Hendra J. Kede, Anggota Komisi Informasi (KI) Pusat, M. Syahyan, dan Pakar Keterbukaan Informasi Publik, Paulus Widiyanto.
 
Kegiatan monitoring dan evalusi KIP Tahun 2019 merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat yang diikuti oleh seluruh K/L/D/PTN untuk mengukur sejauhmana badan publik melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008.(AM)

Bagikan

Views: 581