08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres

Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres

04

Dec 23

Sharing and Guiding of Presidential Archives: Kunjungan SMK 49 Jakarta ke Pusdipres

(Jakarta, 4/12/2023), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 49 melakukan kunjungan ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres). Kunjungan ini diterima oleh Sapta S, AS Bungsu, dan Hendy K di ruang teater pameran tetap. Kunjungan ini memiliki dua agenda yang terdiri atas belajar kearsipan dan kunjungan.  Kunjungan dengan jumlah peserta 56 orang siswa/i dan empat orang guru pendamping.

Pada sesi pertama dipaparkan konsep kearsipan oleh AS Bungsu. Pemaparan kearsipan dengan Bahasa yang mudah dipahami menjadikan para siswa bersemangat dan tertarik mendalami materi. Hal ini terlihat dengan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh para siswa/i.

Materi kearsipan yang dipaparkan meliputi konsep arsip, pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip statis hingga konsep arsip kepresidenan di Indonesia. Pada akhir pemaparan, Tim Pusdipres menerima cinderamata dari SMK 49 Jakarta yang disampaikan oleh perwakilan guru.

Kunjungan bangunan cagar budaya dan Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno adalah agenda terakhir dari kunjungan SMK 49 Jakarta. Pada sesi ini kunjungan dibagi menjadi dua sesi. Sesi A dipandu oleh Octavia dan AS Bungsu, sedangkan sesi B dipandu oleh Hendy K dan Sapta S.

Pada akhir kunjungan para pemandu mewawancarai seorang siswi untuk memperoleh testimoni kunjungan. Seorang siswi menyebutkan kunjungan ini memeberikan pengalaman berharga dan ilmu pengetahuan khususnya sejarah Presiden Sukarno dan ilmu kearsipan. Pada sesi terakhir tim menyelenggarakan kuis kepada para peserta kunjungan di ruang teater.

 

( OT )


Penulis : OT

Bagikan

Views: 472