08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
SIKN dan JIKN Hadir di UNSOED Purwokerto SIKN dan JIKN Hadir di UNSOED Purwokerto SIKN dan JIKN Hadir di UNSOED Purwokerto SIKN dan JIKN Hadir di UNSOED Purwokerto

21

Oct 22

SIKN dan JIKN Hadir di UNSOED Purwokerto

Purwokerto - 20/10/22 - Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) Universitas Jenderal Soedirman (Umsoed) Purwokerto menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu para Rektor PTN/PTS se-Wilayah Eks Karesidenan Banyumas /atau yang mewakili, para Kepala Dinas Arsip & Perpustakaan se-Wilayah Eks Karesidenan Banyumas, para pejabat di lingkungan Unsoed.

Rektor Unsoed, Akhmad Sodiq menyampaikan bahwa arsip menjadi sumber informasi sekaligus memori kolektif institusi, sehingga menjadi dokumen sahih tentang perjalanan tumbuh kembangnya lembaga, proses dan dinamika institusi, sekaligus menjadi referensi ke depan untuk perencanaan yang lebih baik.

Sementara Deputi IPSK, Andi Kasman menyampaikan bahwa SIKN dalam fungsinya mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraan negara; menjamin akuntabilitas manajemen penyelenggaraan negara; menjamin penggunaan informasi hanya kepada pihak yang berhak; dan menjamin ketersediaan arsip sebagai memori kolektif bangsa harus diisi informasi kearsipan yang autentik dan utuh. Dan JIKN memiliki fungsi meningkatkan akses dan mutu layanan kearsipan kepada masyarakat; meningkatkan kemanfaatan arsip bagi kesejahteraan rakyat; dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam bidang kearsipan.

Untuk memberikan pemahaman dan pengenalan yang lebih utuh dan mendalam, pada kegiatan ini juga dilakukan praktik pengenalan Aplikasi SIKN dan JIKN yang dipandu oleh Rizal dari tim teknis Pusat SIKN dan JIKN ANRI.

( #tj )


Penulis : #tj

Bagikan

Views: 727