08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN

SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN

19

Nov 21

SOSIALISASI APLIKASI SRIKANDI DI SUMATERA SELATAN

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi & Umum, Nelson Firdaus dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto beserta jajaran menghadiri acara Sosialisasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) Tahun 2021 dan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Kearsipan yang dilaksanakan di Hotel Emilia Palembang, Kamis (18/11/2021).

Pada kesempatan ini Kepala ANRI, Imam Gunarto saat membuka acara menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi SRIKANDI ini. Imam Gunarto berharap dengan penerapan SRIKANDI di Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dapat terwujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi sehingga lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan.

Sementara itu, Nelson Firdaus menyampaikan bahwa era informasi yang dihadapi saat ini menuntut pemerintah senantiasa tanggap dan cepat dalam menghadapi perubahan.

"Penerapan SPBE bidang kearsipan telah ditetapkan dengan revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau e-Government," ungkap Nelson.

Ditambahkannya, menyikapi pentingnya implementasi Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Menpan RB mengeluarkan Keputusan Menteri nomor 679 tahun 2020 tentang Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI)

"Dengan penerapan aplikasi SRIKANDI ini, proses administrasi tidak terbatas jarak dan waktu. Artinya dimanapun dan kapanpun proses administrasi dapat dilakukan," terangnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan salinan arsip mengenai Jembatan Ampera dari ANRI kepada Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, dilaksanakan pula Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Dekan FISIP UNSRI dan Universitas Syahyakirti.

Turut hadir Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel, Drs. Dr. H.M. Edward Juliartha, S.Sos, MM, Rektor Universitas Syakhyakirti Prof. Dr. Ir. H. Faisal Daud MS, Dekan FISIP Prof. Dr. Alfitri, M.Si. 

( TS )


Penulis : TS

Bagikan

Views: 4118