08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

SOSIALISASI FINDING AIDS ARSIP KEMARITIMAN (PERDAGANGAN GLOBAL HINDIA TIMUR ABAD XVII-XVIII)

SOSIALISASI FINDING AIDS ARSIP KEMARITIMAN (PERDAGANGAN GLOBAL HINDIA TIMUR ABAD XVII-XVIII)

06

Sep 16

SOSIALISASI FINDING AIDS ARSIP KEMARITIMAN (PERDAGANGAN GLOBAL HINDIA TIMUR ABAD XVII-XVIII)

Program pemerintah saat ini yaitu Nawacita yang diantaranya menitikberatkan pada kemaritiman, yaitu mewujudkan keamanan nasional yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumber daya maritim, dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan; dan mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.

Sejalan dengan program pemerintah tersebut, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) memiliki peran serta di dalam menyajikan informasi mengenai arsip-arsip kemaritiman yang diolah informasinya menjadi Finding Aids (sarana bantu penemuan kembali arsip). Finding Aids mengenai Arsip Kemaritiman tersebut disosialisasikan di Hotel Amaroosa, Jakarta (06/09).

Acara Sosialisasi dibuka langsung oleh Sekretaris Utama ANRI Sumrahyadi. Dalam arahannya, Sumrahyadi menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya sosialisasi dalam rangka memberikan akses kepada masyarakat terkait dengan arsip-arsip kemaritiman.

Acara sosialisasi menghadirkan pembicara Kepala Bagian Hukum dan Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Rusmana, Direktur Pengolahan Azmi, dan arsiparis ANRI yang menjadi koordinator pengolahan arsip maritim Intan Lidwina. Adapun sebagai moderator Risma Manurung.

Pada kesempatan itu Rusmana memaparkan mengenai batas-batas wilayah kelautan Indonesia dan program-program Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam konteks kekinian. Sedangkan Azmi menjelaskan mengenai akses publik terhadap khazanah arsip kemaritiman. Sedang sebagai pembicara terakhir Intan Lidwina mempresentasikan penyusunan finding aids arsip kemaritiman. (sa)


Bagikan

Views: 847