08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat

Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat

19

Sep 23

Sosialisasi Layanan Informasi Kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat

- Jakarta, 19/09/23 - Upaya menyebarluaskan portal jikn.go.id sebagai jaringan kearsipan nasional, Pusat Jaringan Arsip Nasional Republik Indonesia, 19 September 2023 melaksanakan sosialisasi layanan informasi kearsipan SIKN dan JIKN kepada masyarakat bertempat di hotel Amaroossa Cosmo Jakarta Selatan.

”Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu cara menyebarluaskan portal jikn.go.id kepada publik agar masyarakat lebih memahami, mengenal dan dapat sebagai pemantik dalam pemanfaatan jaringan kearsipan nasional melalui jikn.go.id secara maksimal. Peserta sosialisasi berjumlah 50 orang yang berasal dari Komunitas Kearsipan, para guru Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA) serta mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta dan Perguruan Tinggi lainnya di wilayah Jakarta,” ujar Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Kearsipan Nasional Listianingtyas Murgiwati melaporkan.

”Dalam pembangunan kearsipan nasional SIKN dan JIKN mengalami peningkatan (upgrade) dari versi sebelumnya ke versi-2 di tahun 2023 ini. Arsitektur microservices yang digunakan oleh SIKN dan JIKN versi - 2 membuat sistem ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan versi sebelumnya, seperti user friendly, database yang terintegrasi, dashboard jumlah arsip, jumlah akses kunjungan, fitur request arsip publik atau masyarakat kepada Simpul Jaringan dan fitur-fitur menarik lainnya,” ungkap Andi Kasman Deputi Informasi Pengembangan Sistem Kearsipan saat membuka kegiatan.

Selanjutnya Andi Kasman menambahkan, agar SIKN dan JIKN ini diketahui secara luas dan dapat dipergunakan dengan mudah oleh  masyarakat selaku pengguna, maka sangatlah penting kegiatan sosialisasi ini dilakukan bagi masyarakat umum selain lingkungan pemerintahan.

"Kami berharap kegiatan ini bermanfaat dan dapat dipergunakan secara baik dan meluas serta dapat mengakses dan memanfaatkan arsip sebagai salah satu sumber pengetahuan dan memori kolektif, yang autentik dan dapat dipercaya, untuk memperkuat . karakter bangsa dan penyediaan peluang peningkatan kesejahteraan rakyat," tambahnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari Universitas Indonesia Raisye Soleh Haghia dengan materi ”Layanan dan Akses Informasi Kearsipan” yang dipandu oleh Dionsius selaku moderator dan narasumber editor PT Merah Putih Media yaitu Hendaru Tri Hanggoro  dengan materi ”Kualitas Konten" dipandu oleh moderator Suryana.

 

( #tj )


Penulis : #tj

Bagikan

Views: 793