08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sukseskan Konferensi ke-28 SEAPAVAA, Dekon ANRI Audiensi dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek

Sukseskan Konferensi ke-28 SEAPAVAA, Dekon ANRI Audiensi dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Sukseskan Konferensi ke-28 SEAPAVAA, Dekon ANRI Audiensi dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek

05

Jan 24

Sukseskan Konferensi ke-28 SEAPAVAA, Dekon ANRI Audiensi dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek

Jakarta - 05/01/24, Deputi Bidang Konservasi Arsip (Dekon) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar, didampingi Direktur Preservasi Arsip, Agus Santoso, dan Direktur Pengolahan Arsip, Wiwi Diana Sari, serta jajaran melaksanakan audiensi dengan Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid, di Kantor Kemendikbudristek. Audiensi ini dilaksanakan untuk melaporkan rencana pelaksanaan Konferensi Internasional SEAPAVAA serta permohonan kesediaan Dirjen Kebudayaan menjadi keynote speaker yang akan dilaksanakan di Kota Solo, Jawa Tengah pada tanggal 10 s.d. 15 Juni 2024.

Peserta konferensi bertema “Navigating New Horizons in Audiovisual Archiving” ini adalah para anggota SEAPAVAA dan praktisi khusus arsip audio visual yang  berasal dari dalam dan luar negeri. Pada acara tersebut juga terdapat simposium yang memberikan kesempatan bagi para arsiparis dan praktisi untuk berpartisipasi mempresentasikan ide mengenai preservasi arsip audio visual melalui call for paper yang dapat dilihat dalam link: https://web.facebook.com/seapavaa?_rdc=1&_rdr.

Menurut Kandar, Indonesia memiliki arsip audio visual yang cukup banyak dan tersimpan di ANRI. Tetapi saat ini kondisi arsip tersebut terancam kelestariannya karena banyak alat bantu baca atau alih medianya mengalami kerusakan karena usang atau obsolete. Oleh karenanya, konferensi ini menjadi salah satu momentum untuk mengintensifkan penyelamatan arsip audio visual dengan mengumpulkan para praktisi audio visual dari seluruh dunia.

Pada kesempatan ini, Hilmar menyampaikan kesediaannya menjadi pembicara utama dan dukungannya atas upaya penyelamatan arsip audio visual. Menurutnya, arsip merupakan hal penting, terlebih arsip audio visual yang menjadi warisan budaya dan tidak tergantikan dapat dilakukan preservasi yang baik dan benar, sehingga mampu dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Hilmar menambahkan bahwa pihak Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek akan memfasilitasi kegiatan diskusi panel dengan para pembicara dari komunitas arsip audio visual dan acara farewell dinner di Candi Prambanan serta kunjungan ke Candi Borobudur. Acara audiensi ditutup dengan kemungkinan perpanjangan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan ANRI dalam pelestarian arsip audio visual.

( OZ )


Foto : Direktorat Preservasi
Penulis : OZ
Editor : tk

Bagikan

Views: 494