Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Syiarkan Layanan Arsip Statis, ANRI Hadir di Universitas Negeri Malang

Syiarkan Layanan Arsip Statis, ANRI Hadir di Universitas Negeri Malang

18

Nov 22

Syiarkan Layanan Arsip Statis, ANRI Hadir di Universitas Negeri Malang

Malang - (11/11/2022), Sebagai upaya dalam penyebarluasan layanan dan pemanfaatan arsip statis, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mensyiarkan layanan arsip statis kepada mahasiswa dan pendidik pada Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kandar juga turut memberikan ceramah kearsipan mengenai kebijakan pengelolaan arsip statis. Dekan Departemen Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Ari Sapto yang menerima kedatangan tim ANRI di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Sosial memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan ini.

Ari Sapto juga menyambut baik tim ANRI dapat berbagi informasi seputar layanan kearsipan sebagai upaya pengenalan prosedur layanan arsip statis kepada mahasiswa agar mereka dapat memahami bahwa arsip statis merupakan identitas bangsa serta dapat diakses masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Arsiparis Madya selaku Subkoordinator Pusat Studi Arsip Pemberantasan Korupsi, Dharwis Widya Utama Yacob , Arsiparis Madya juga berbagi pengetahuan tentang pemahaman proses penelusuran arsip statis beserta dengan fasilitas pendukung penelusuran arsip yang tersedia di Ruang Layanan yang dapat memiliki banyak manfaat dalam penelitian yang dilakukan dosen maupun mahasiswa.

Kegiatan berbagi pengetahuan kearsipan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang terdiri dari  mahasiswa Ilmu Sejarah S1 Universitas Negeri Malang  dan beberapa dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Selain itu, kegiatan ini pun sejalan dengan
salah satu misi ANRI yaitu memberikan akses arsip kepada publik untuk kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian, dan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan rakyat sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kaidah-kaidah kearsipan demi kepentingan bangsa.

 

( DYU )