08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tata Kelola Arsip, BNI Peroleh Akreditasi "Istimewa"

Tata Kelola Arsip, BNI Peroleh Akreditasi "Istimewa"

05

May 14

Tata Kelola Arsip, BNI Peroleh Akreditasi "Istimewa"

Penyerahan Sertifikat Akreditasi  di Bidang Kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia

kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, 6/05/2014.

 

ARSIP-Jakarta. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memperoleh akreditasi "A" (Istimewa) dalam penyelenggaraan kearsipan. Akreditasi tertinggi itu dikeluarkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui proses tahapan penilaian yang ketat. Dengan pengelolaan arsip yang baik, data-data yang dimiliki BNI dapat tersimpan dengan Aman

Sertifikat akreditasi disampaikan langsung oleh Kepala ANRI Mustari Irawan kepada Direktur Utama BNI Gatot M. Suwondo di gedung BNI, Sudirman, Jakarta. "Penghargaan ini adalah penghargaan yang tertinggi yang kami berikan kepada sebuah perbankan nasional" ungkap Mustari, 5 Mei 2014.

Gatot mengungkapkan bahwa arsip itu sesuatu yang simple, tapi sangat krusial. Keberadaan arsip sangat dibutuhkan kalau ada ricuh orang atau ada hal-hal lain diluar dugaan. Dengan tata kelola arsip yang baik akan memudahkan urusan perusahaan. "simple thing but very-very important", ujarnya.

Gatot mendorong kepada divisi pengelolaan arsip di BNI untuk terus meningkatkan kinerjanya di bidang kearsipan."Akreditasi ini bukanlah the end of the story, only the begining of the story. Dimana kita dari tahun ke tahun harus terus melakukan perbaikan-perbaikan, mengikuti dengan perubahan-perubahan yang terjadi di industri perbankan", tambahnya.

Kepala ANRI juga  mengucapkan selamat kepada BNI yang telah memperoleh akreditasi A dalam pengelolaan arsip dan dapat diikuti oleh industri perbankan lain."Mudah-mudahan saya berharap bahwa seluruh perbankan, baik yang pemerintah maupun swasta, bisa mengikuti BNI untuk sama-sama memberikan perhatian terhadap masalah kearsipan", lanjutnya.

Adapun sejumlah langkah yang telah dilakukan BNI dalam pengelolaan arsip yang maksimal, yaitu, pertama, membuat record centre yang modern di Cikupa, Tangerang dengan luas lahan 3 hektar dan luas bangunan 1,2 hektar. Record Centre ini dapat menampung 315.000 kotak arsip, untuk melayani BNI se-Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Banten.

Kedua, meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia kearsipan baik melalui sosialisasi maupun dengan mengirim pegawai untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop, uji kompetensi, dan sertifikasi. Sebanyak 36 pegawai telah memiliki sertifikasi bidang kearsipan. Ketiga, membuat pedoman perusahaan untuk kearsipan agar sesuai dengan undang-undang dan kaidah-kaidah kearsipan.(sa)


Bagikan

Views: 2537