08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Telusur MKB, BAST Wawancarai Ulama Terkemuka Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidy

Telusur MKB, BAST Wawancarai Ulama Terkemuka Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidy

11

Apr 23

Telusur MKB, BAST Wawancarai Ulama Terkemuka Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidy

Aceh - 11/04/2023, Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mendampingi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) melakukan kunjungan kerja ke Dayah Darul Ihsan, Labuhan Haji. Kunjungan ini dihadiri oleh Kepala BAST, Muhamad Ihwan dan Kepala DPKA, Edi Yandra, serta para Arsiparis di lingkungan BAST dan DPKA.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka wawancara lisan yang dilakukan oleh BAST kepada Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidy yang merupakan Ulama Sufi asal Aceh Selatan yang paling berpengaruh di Asia Tenggara.

Abuya Syekh Haji Amran Waly Al-Khalidy memiliki pengaruh penting dalam penyebaran dakwah Islam. Hal ini tidak lepas dari peran sosok Ayahanda, Syekh Haji Teungku Muhammad Waly Al-Khalidy yang juga merupakan salah satu ulama besar. 

Syekh Haji Teungku Muhammad Waly Al-Khalidy atau Abuya Muda Waly selain seorang ulama, beliau juga merupakan seorang pejuang yang gigih mempertahankan NKRI dan bersama ulama lainnya turut melakukan jihad fisabilillah melawan penjajahan. Saat DI/TII pecah, Abuya Muda Waly adalah  salah satu dari ulama yang menentang keras adanya pemberontakan terhadap NKRI. Kecintaannya kepada NKRI serta perjuangannya inilah yang membawa Abuya Muda Waly diusulkan menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Ketauladanan Abuya Muda Waly kemudian diturunkan oleh sang anak, Abuya Amran Waly. Melalui bimbingan Ayahanda, Abuya Amran Waly sampai saat ini menjadi ulama besar yang kini dakwah serta ajarannya menyebar  hingga ke Asia Tenggara.

Secara eksklusif, BAST mempersembahkan PodBAST (Podcast Balai Arsip Statis dan Tsunami) bersama Abuya Amran Waly yang akan ditayangkan di kanal Youtube ANRI BAST. PodBAST yang dipandu langsung oleh Muhamad Ihwan ini akan menguak kisah dibalik perjuangan Abuya Muda Waly serta ajaran dakwah yang dibawa oleh sang anak, Abuya Amran Waly.

( sr )


Penulis : sr
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 1542